Zulkifli Hasan: Jangan Sampai Bangsa Ini Mundur karena Perbedaan Pilihan Politik

Kompas.com - 03/03/2019, 16:43 WIB
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan acara deklarasi organisasi masyarakat Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) DKI Jakarta, di Epicentrum Walk, Jakarta Selatan, Minggu (3/3/2019). KOMPAS.com/Devina HalimKetua MPR RI Zulkifli Hasan acara deklarasi organisasi masyarakat Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) DKI Jakarta, di Epicentrum Walk, Jakarta Selatan, Minggu (3/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berharap perbedaan pilihan politik tidak membuat bangsa Indonesia mengalami kemunduran.

Hal itu disampaikan Zulkifli saat memberikan sambutan dalam acara deklarasi organisasi masyarakat Gerakan Arah Baru Indonesia ( Garbi) DKI Jakarta, di Epicentrum Walk, Jakarta Selatan, Minggu (3/3/2019).

"Cerita tentang pendiri RI perlu saya sampaikan, jangan sampai bangsa ini mundur hanya karena perbedaan politik," ujar Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, Minggu.

Baca juga: Disaksikan Zulkifli hingga M Taufik, Ormas Garbi Jakarta Dideklarasikan

Zulkifli menilai emosi tanpa akal sehat akan muncul jika perbedaan pilihan politik disikapi secara berlebihan.

Perbedaan itu, kata dia, harus disikapi dengan rasa saling menghargai dan saling menghormati.

"Saya sama Bung Fahri, Bung Fadli Zon, dan kawan-kawan boleh beda, tetapi tetap bersahabat dan saling menghargai, saling menghormati," katanya. 

Baca juga: Maruf Amin Doakan Zulkifli Hasan Cepat Sembuh

"Menyikapi perbedaan politik yang berlebihan justru menumpulkan ide dan nalar, karena yang hadir adalah emosi tanpa akal sehat," ujar Zulkifli. 

Menurut Zulkifli, ormas Garbi dapat berperan mengembalikan akal sehat publik melalui empat pilar, yaitu Islam, nasionalisme demokrasi, dan kesejahteraan.

Selain Zulkifli, acara tersebut juga dihadiri sejumlah politikus lain, yaitu Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko 'Patrio', dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X