Kompas.com - 17/02/2019, 21:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden Joko Widodo membanggakan kinerja pemerintahannya dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan gambut di sejumlah wilayah Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi saat debat kedua capres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam.

Baca juga: Jokowi Sebut Prabowo Punya Lahan 220.000 H di Kaltim dan 120.000 H di Aceh Tengah

Jokowi mengatakan, selama empat tahun pemerintahannya, aparat penegak hukum bertindak tegas kepada siapapun yang terlibat dalam pembakaran hutan dan lahan.

Jokowi menyebut sudah ada 11 perusahaan yang diberi sanksi dengan total dengan Rp 18,3 triliun lantaran terlibat pembakaran hutan dan lahan.

Baca juga: Prabowo Akui Kuasai Ratusan Ribu Hektar Lahan di Kaltim dan Aceh Tengah

"Kenapa sekarang semua takut urusan kebakaran hutan, ilegal logging karena penegakan hukum kita tegas terhadap pelanggar-pelanggar perusak lingkungan," ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyinggung upaya pembersihan sungai-sungai di Indonesia. Salah satunya Sungai Citarum dengan proyek Citarum Harum.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.