Wiranto: 4 Tahun Jokowi-JK, Stabilitas Politik "Panas-Dingin"

Kompas.com - 25/10/2018, 11:46 WIB
Menko Polhukam Wiranto DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.comMenko Polhukam Wiranto

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, stabilitas politik nasional mengalami naik turun selama 4 tahun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Hal itu disampaikan Wiranto saat memaparkan kinerja Kemenko Polhukam dalam acara empat tahun kerja pemerintah di Auditorium Gedung 3 Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

"Stabilitas politik naik-turun, 'panas-dingin' tetapi enggak sampai mendidih. Yang penting kan itu," ujar Wiranto.

Mantan Panglima ABRI itu mengatakan, situasi ini tak hanya bisa dirasakan, tetapi juga jika dilihat dari indeks demokrasi di Indonesia.

Baca juga: Ini Capaian Kementan dalam 4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), indeks demokrasi Indonesia mengalami kenaikan dari 70,09 pada 2016 menjadi 72,11 pada 2017.

Akan tetapi, sempat turun dari 72,82 pada 2015 menjadi 70,09 pada 2016.

Menurut Wiranto, penurunan itu karena adanya tambahan indikator penilaian.

Selain itu, sejumlah hal juga menjadi sorotan, mulai dari penggunaan fasilitas negara saat pilkada hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak netral.

Tak hanya soal indeks demokrasi, Wiranto juga menyebut indeks kerukunan beragama. Ia mengakui terjadi penurunan dari 2016 ke 2017.

Baca juga: Ini Alasan Banyak Bandara Dibangun di Papua Selama 4 Tahun Jokowi-JK

Wiranto mengatakan, penurunan indeks kerukunan beragama terjadi karena adanya kecenderungan penggunaan agama sebagai simbol ddalam kontestasi pilkada.

Hal itu ditambah dengan penyebaran berita bohong atau hoaks yang masif di media sosial.

Meski demikian, kata Wiranto, kerukunan umat beragama di Indonesia tetap baik karena pemerintah sudah megambil sejumlah kebijakan.

Berdasarkan hasil survei nasional kerukunan umat beragama Kementerian Agama, indeks berada di angka 72,27. Angka ini turun dari 2016 lalu yang ada di angka 75,47.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X