Galang Dana Kampanye Rp 1 Miliar, Ini yang Dilakukan Caleg PSI

Kompas.com - 10/10/2018, 06:45 WIB
Dara Adinda Kesuma Nasution Dokumentasi Pribadi Dara Adinda Kesuma NasutionDara Adinda Kesuma Nasution

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dara Adinda Kesuma Nasution mengisahkan penggalangan dana yang dilakukannya untuk biaya kampanye dalam Pemilihan Legislatif 2019.

Lulusan FISIP Universitas Indonesia (UI) itu menargetkan dana yang terkumpul sekitar Rp 1 miliar.

Besaran dana ini mengingat posisinya yang maju dari daerah pemilihan (dapil) yang cukup besar yaitu, Dapil Sumatera Utara III.

"Sedang proses, Mas. Saya masih terus mencari donatur. Sampai saat ini sudah ada bantuan dari keluarga, teman, dan senior," kata Dara kepada Kompas.com, Selasa (9/10/2018) malam.


Baca juga: Tak Semua Pihak Boleh Sumbang Dana Kampanye

Dapil Sumatera Utara III meliputi 10 kota/kabupaten, seperti Tanah Karo, Simalungun, Siantar, Binjai, Langkat, Dairi, Pakpak Bharat, Batubara, Asahan dan Tanjungbalai

"Soalnya kan dapil saya cukup besar, 10 kota/kabupaten jadi butuh logistik yang lumayan," ujar dia.

Biaya yang besar membuatnya harus memutar otak demi efisiensi biaya. Dara menggunakan strategi dengan menemui warga secara langsung di rumah mereka.

Di salah satu rumah, ia akan mengumpulkan 15-20 warga untuk berbincang-bincang.

"Saya kasih snack (makanan ringan) dan teh sambil saya cerita visi-misi saya dan ngobrol menyerap aspirasi mereka. Jadi saya hanya keluar biaya beli gula, teh, dan makanan kecil. Untuk daerah rural, metode ini masih bisa dilakukan karena warganya masih guyub," ujar Dara.

Sementara, untuk daerah perkotaan, Dara memaksimalkan penggunaan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Secara spesifik ia juga akan menyasar pemilih pemula lewat media sosial.

Perjuangkan pendidikan

Dara secara khusus akan memperjuangkan pemerataan akses pendidikan. Menurut dia, Sumatera Utara terkenal sebagai provinsi yang rawan korupsi.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X