Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal ke Jerman, BURT Ingin Studi Banding Pembangunan Gedung DPR

Kompas.com - 30/08/2017, 16:50 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Hazrul Azwar membenarkan salah satu agenda kunjungan kerja (kunker) ke Jerman adalah studi banding soal pembangunan gedung baru.

Namun ia menegaskan, studi banding soal pembangunan gedung bukanlah agenda utama kunker ke Jerman pada 25 September hingga 2 Oktober 2017.

Menurut dia, kunjungan kerja tersebut sudah direncanakan sejak lama sehingga memang bukan murni dalam hal pembangunan gedung.

(baca: BURT DPR Bakal Kunjungi Jerman)

Dalam setahun, kata Hasrul, BURT mendapat jatah dua kali kunker. Tahun ini mereka sudah kunker ke Amerika Serikat dan berikutnya akan bertolak ke Jerman.

"Untuk melihat bagaimana penataan parlemen di sana (Jerman). Penataan, pelayanan gedungnya, kenyamanan gedung, pelayanan kepada tamu yang datang, keamanannya, fasilitasnya," ujar Hasrul saat dihubungi, Rabu (30/8/2017).

Ia menambahkan, studi banding pembangunan gedung baru menjadi salah satu agenda kunker karena momennya bertepatan dengan rencana pembangunan gedung baru DPR.

(baca: Menengok Gedung DPR yang Dinilai Sudah Tidak Layak...)

Hasrul juga mengatakan kunker menggunakan anggaran yang lama sehingga tak ada kenaikan.

"Ini anggaran yang lama, tidak ada kenaikan. Udah tahun lalu direncanakan kebetulan aja ini momennya sama (dengan rencana pembangunan gedung). Jadi lebih seksi gara-gara ada rencana pembangunan gedung," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com