Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Lepas Mudik Gratis Kemenhub, Direktur Keuangan Jasa Raharja Imbau Masyarakat Tertib Berkendara di Kampung

Kompas.com - 08/04/2024, 21:18 WIB
Nethania Simanjuntak,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Direktur Keuangan Jasa Raharja Bayu Rafisukmawan turut serta melepas keberangkatan peserta mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui bus dari Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2024).

Total kurang lebih ada 7.640 peserta mudik gratis dengan menggunakan 187 unit bus yang diberangkatkan dari Terminal Jatijajar Depok, Jawa Barat. Pelepasan ini dilakukan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, 

Pada 2024, Kemenhub sudah memberangkatkan pemudik sebanyak 40.088 penumpang atau naik sekitar 62,33 persen dibandingkan tahun 2023 yang berjumlah 24.368 penumpang.

Bayu menyampaikan, mudik gratis sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah melalui berbagai pihak.

Ia berharap, program Mudik Gratis ini dapat membantu meringankan beban finansial, khususnya bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Baca juga: Jasa Raharja Berangkatkan 6 Pemudik Disabilitas Moda Kereta Api ke Sejumlah Daerah

"Ini akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat karena dapat mudik dengan kendaraan yang aman dan nyaman tanpa harus mengeluarkan biaya," ujar Bayu melalui siaran persnya, Senin (8/4/2024).

Selain memberikan bantuan dari sisi ekonomi, penyelenggaraan mudik gratis juga diharapkan dapat menekan kasus kecelakaan lalu lintas pada saat momen Lebaran.

Oleh karena itu, Bayu berharap, Jasa Raharja dapat menekan pentingnya kesadaran akan keselamatan berlalu lintas dari seluruh pihak.

"Ketika perjalanan mudiknya sudah aman dan nyaman, kami juga berharap saat bermobilisasi di kampung halaman masing-masing, masyarakat tetap berkendara dengan tertib dan patuh terhadap aturan lalu lintas," ucap Bayu.

Baca juga: Mudik Bersama BUMN 2024, Jasa Raharja Berangkatkan 7.600 Pemudik KA dari Stasiun Senen

Dalam kesempatan yang sama, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa program Mudik Gratis merupakan upaya Kemenhub dalam mendorong perjalanan mudik yang berkeselamatan.

“Saya mengapresiasi mudik gratis bukan hanya dari Kemenhub, tapi badan usaha milik negara (BUMN), Kepolisian, dan pihak swasta juga. Kalau kita bersama-sama melakukan ini, maka mudik yang berkeselamatan yang tidak menggunakan sepeda motor akan terjadi,” ujarnya.

Program Mudik Gratis, lanjut Budi, dapat menambah kebahagiaan dan memberikan manfaat bagi masyarakat yang ingin bersilaturahmi di kampung halaman.

“Arahan Presiden tepat, dan saya bersyukur melihat antusiasme masyarakat terhadap program ini,” ungkapnya.

Baca juga: Tinjau Arus Mudik di Sejumlah Titik, Jasa Raharja Pastikan Kelancaran Mudik Lebaran 2024

Dalam pelepasan mudik gratis tersebut, turut hadir Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Suharto, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com