Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karier Moncer Orang Dekat Jokowi, dari Hadi Tjahjanto hingga Tonny Harjono

Kompas.com - 06/04/2024, 05:31 WIB
Achmad Nasrudin Yahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo melantik Marsekal Madya Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2024).

Bersamaan dengan pelantikan itu, Jokowi menaikkan pangkat Tonny satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya, yakni dari Marsekal Madya menjadi Marsekal.

Adapun jabatan baru yang diemban Tonny dengan menggantikan KSAU sebelumnya, Marsekal Fadjar Prasetyo yang segera memasuki masa pensiun.

Setelah resmi mengemban jabatan KSAU, Jokowi meminta TNI Angkatan Udara supaya kuat, namun bukan bermaksud untuk menakut-nakuti musuh dan berperang.

Selain itu, Jokowi berharap TNI Angkatan Udara ke depan mampu menjaga stabilitas keamanan maupun kedamaian di kawasan.

"Beliau ingin angkatan udara yang kuat, yang berarti bahwa angkatan udara yang kuat bukan berarti kita ingin menakut-nakuti musuh, bukan berarti kita ingin perang dengan negara-negara tetangga," kata Tonny usai dilantik di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Lantik Marsdya Tonny Harjono Jadi KSAU

Sebagai informasi, Tonny pernah menjadi ajudan Jokowi pada 2014-2016. Setelahnya, karier Tonny melesat dengan menduduki sejumlah jabatan strategis.

Mulai dari Komandan Lanud Halim Perdanakusuma pada 2018-2020, Staf Khusus KSAU pada 2020, Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) pada 2020 hingga 2022, Komandan Kodiklatau pada 2022, Panglima Koopsudnas pada 2022-2023, dan Panglima Kogabwilhan II pada 2023.

Di sisi lain, dilantiknya Tonny menjadi KSAU menambah daftar panjang orang-orang dekat Jokowi yang kariernya moncer.

Siapa saja mereka? Berikut daftarnya:

1. Hadi Tjahjanto

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto di Surabaya, Rabu (31/1/2024)Dok Humas Kanwil BPN Jatim Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto di Surabaya, Rabu (31/1/2024)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menjadi sosok pertama dari orang dekat Jokowi yang merasakan karier militernya melesat pesat.

Hadi diketahui pernah bersama Jokowi ketika bertugas di Solo pada 2010. Hadi saat itu menjabat sebagai Komandan Lanud Adi Soemarmo (2010-2011).

Saat itu, Hadi masih berpangkat kolonel. Ketika Jokowi menjadi presiden, abituren Akademi Angkatan Udara (AAU) 1986 ini seolah mendapatkan "keberkahan".

Pada 2017, Hadi dipercaya menjabat KSAU hingga 2018. Hanya menjabat setahun, Hadi langsung dipercaya menjabat Panglima TNI pada 2018 dengan menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo.

Hadi purnatugas dari dunia militer dengan pangkat marsekal pada 2021. Posisinya sebagai Panglima TNI digantikan Jenderal Andika Perkasa yang sebelumnya menjabat KSAD.

Pensiunnya Hadi dari TNI tak membuat hubungannya dengan Jokowi menjadi berjarak. Pada 2022, Jokowi memercayakan Hadi sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

2. Letjen Widi Prasetijono

Mayjen Widi Prasetijono saat menjabat Pangdam IV/ Diponegoro menyerahkan bantuan kursi roda adaptif untuk penyendang disabilitas ganda di Markas Korem 071/Wijayakusuma, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (15/2/2023).KOMPAS.com/Fadlan Mukhtar Zain Mayjen Widi Prasetijono saat menjabat Pangdam IV/ Diponegoro menyerahkan bantuan kursi roda adaptif untuk penyendang disabilitas ganda di Markas Korem 071/Wijayakusuma, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (15/2/2023).
Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Darat (Kodiklatad) Letnan Jenderal Widi Prasetijono menjadi nama lain dari orang dekat Jokowi yang merasakan karier cukup mulus.

Jenderal bintang tiga ini diketahui pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 0735/Surakarta pada 2011-2012. Saat itu, Widi merasakan kebersamaan dengan Jokowi ketika masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Ketika Jokowi menjabat sebagai Presiden di periode pertamanya, Widi pun dipercaya menjadi ajudannya pada 2014-2016 dengan pangkat kolonel.

Baca juga: Pesan Jokowi ke KSAU Baru: TNI AU Harus Kuat, Bukan Berarti Ingin Perang

Setelah itu, Widi berlahan dipercaya mengemban sejumlah posisi strategis di TNI Angkatan Darat, mulai dari Komandan Korem 074/Warastratama pada 2017-2018, Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma pada 2018-2019, hingga Kepala Staf Kodam IV/Diponegoro pada 2020-2022.

Di tahun yang sama, Widi mendapat promosi jabatan dengan menduduki posisi sebagai Komandan Jenderal Kopassus. Setelahnya, ia dipromosikan lagi menjadi Panglima Kodam IV/Diponegoro pada 2022.

3. Jenderal Agus Subiyanto

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (kedua kiri) memeriksa pasukan saat upacara penyambutan kedatangan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (15/3/2024). Kapal bantu rumah sakit TNI AL itu tiba di tanah air usai merampungkan misi mengantarkan bantuan kemanusiaan ke Pelabuhan El Arish, Mesir, untuk rakyat Palestina di Gaza. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (kedua kiri) memeriksa pasukan saat upacara penyambutan kedatangan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (15/3/2024). Kapal bantu rumah sakit TNI AL itu tiba di tanah air usai merampungkan misi mengantarkan bantuan kemanusiaan ke Pelabuhan El Arish, Mesir, untuk rakyat Palestina di Gaza. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga menjadi nama lain sebagai orang dekat Jokowi yang mempunyai karier mulus.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com