Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Winda Berlatih dengan Penyandang Tuli Sebelum Bertugas Jadi Juru Bahasa Isyarat HUT RI di Istana

Kompas.com - 19/08/2023, 11:26 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Fabian Januarius Kuwado

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru bahasa isyarat dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI) di Istana Merdeka, Winda Utami, menceritakan persiapan sebelum bertugas pada Kamis (17/8/2023) lalu.

Salah satunya, Winda secara khusus berlatih bahasa isyarat untuk sejumlah lagu yang akan ditampilkan dalam agenda tersebut. Antara lain, lagi nasional, lagu daerah hingga lagu populer yang dinyanyikan para artis pengisi acara.

Salah satu momen berkesan saat bertugas adalah menerjemahkan lagu-lagu yang dibawakan grup vokal asal Papua, yakni MAC ke dalam bahasa isyarat.

Sebab ada bahasa daerah yang harus dipelajari terlebih dulu. Hal itu menjadi tantangan tersendiri baginya karena ada hal baru yang dia pelajari.

"(Yang berkesan) itu momen ketika menerjemahkan lagu MAC. Ya karena itu saya kan ada bahasa Papua-nya ya. Saya kebetulan punya teman orang Papua. Jadi itu saya screenshot-in bagian bahasa yang saya enggak paham artinya," ujar Winda dalam perbincangan lewat telepon dengan Kompas.com, Jumat (18/8/2023). 

Baca juga: Disorot Warganet, Ini Profil Winda Utami si Juru Bahasa Isyarat Upacara HUT RI di Istana

"Terus saya ngobrol sama temen saya, lalu oh ini berarti lirik ini artinya begini ya, lirik ini artinya begini. Nah, sudah dapat lirik bahasa Indonesia-nya, baru saya belajar menerjemahkan bersama-temen tuli saya," lanjut dia.

Tak sampai di situ, dia pun berlatih secara khusus dengan teman tuli yang ada di daerah melalui video call.

Sebab, kata Winda, temannya tersebut memiliki kemampuan dalam menerjemahkan lagu ke bahasa isyarat.

Hal yang sama juga dia lakukan saat menerjemahkan lagu "Rungkad" yang dibawakan Putri Ariani.

"Ada lirik, rungkad entek-entekan kelangan koe sing tak sayang..., Nah itu saya terjemahkan dalam bahasa isyarat (menjadi) patah, hancur berkeping-keping, kehilangan kamu yang paling kusayang. Kayak gitu," jelas Winda.

"Itu pun saya prosesnya dievaluasi dulu sama teman yang tuli," lanjut dia.

Baca juga: Diapresiasi Warganet, Winda Utami Ceritakan Rahasia Dirinya Tampil Enerjik Saat Jadi Juru Bahasa Isyarat Upacara di Istana

Winda menjelaskan, proses latihan terlebih dulu dimungkinkan karena semua yang bertugas di upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI telah menjalani briefing materi upacara.

Dia pun ikut dalam geladi kotor dan geladi bersih upacara sehingga sejak awal bisa mempelajari apa yang harus disampaikan pada saat upacara 17 Agustus 2023 di halaman Istana Merdeka.

Winda mengapresiasi panitia HUT RI kali ini yang dinilainya lebih matang dan mau menerima masukan dari para juru bahasa isyarat.

Misalnya saat kirab budaya dan kirab bendera pusaka, para juru bahasa isyarat memberikan saran agar informasi yang disampaikan oleh pembawa acara saat upacara lebih banyak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com