Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Warga Tanimbar Antusias Menyambutnya, Jokowi: Sangat Ingin Ketemu Pemimpinnya

Kompas.com - 02/09/2022, 11:56 WIB
Ardito Ramadhan,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Kepulauan Tanimbar mendapat sambutan antusias dari masyarakat setempat.

Jokowi mengatakan, sambutan antusias itu merupakan tanda rakyat ingin bertemu pemimpinnya kerena Kepulauan Tanimbar sudah lama sekali tidak dikunjungi oleh seorang presiden.

"Ini adalah sudah yang lebih dari 50 tahun, sehingga kalau masyarakat begitu sangat antusias, ya karena mereka mungkin ingin ketemu dengan pemimpinnnya," kata Jokowi, Jumat (2/9/2022), dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Bagikan Bantuan di Pasar Olilit Kepulauan Tanimbar, Jokowi Harap Omzet Pedagang Meningkat

Sejak tiba di Kepulauan Tanimbar pada Kamis (1/9/2022) kemarin, Jokowi dan rombongan memang disambut heboh oleh masyarakat.

Berdasarkan tayangan YouTube Sekretariat Presiden, warga yang menyambut di sepanjang jalan meneriakkan nama Jokowi.

Warga juga membentangkan spanduk bertuliskan Bahasa Jawa "Sugeng Rawuh Pak Jokowi" yang artinya selamat datang Pak Jokowi, ada pula yang membentangkan kertas putuh bertuliskan "Presiden Terbaik se-Dunia".

Mobil yang digunakan Presiden dan Ibu Iriana juga sempat berhenti untuk menyapa warga sekaligus membagikan masker, kaus, dan juga buku-buku.

Baca juga: Tiba di Saumlaki, Presiden Jokowi dan Iriana Dikalungi Kain Tenun Khas Tanimbar

Selain itu, Jokowi pun sempat beberapa kali melayani permintaan foto dan bersalaman dengan warga.

Dikutip dari siaran pers, pada Jumat pagi ini, ribuan warga pun menyambut Jokowi dan Iriana yang hendak membagikan bantuan di Pasar Olilit.

Merespons antusiasme warga itu, Jokowi menilai warga Kepulauan Tanimbar memang sudah lama sekali tidak dikunjungi oleh pejabat dari ibu kota.

Alfiyan Oktora Presiden Joko Widodo menyebut 99 persen karyawan PT Freeport Indonesia yang menjalankan pekerjaan tambang bawah tanah adalah WNI.


Baca juga: Tiba di Maluku, Jokowi dan Iriana Disambut Meriah Warga

"Ya ini mungkin sudah lama sekali di Saumlaki, di Kepulauan Tanimbar ini tidak pernah dikunjungi dari Jakarta," ujar Jokowi.

Pj Bupati Kepulauan Tanimbar Daniel Indey menjelaskan bahwa presiden Republik Indonesia terakhir mengunjungi Kepulauan Tanimbar adalah Presiden Soekarno pada tahun 1958.

“Tentunya masyarakat bergembira, senang, dan antusias menyambut Presiden Jokowi, mengingat kunjungan terakhir Presiden ke Tanimbar adalah Presiden Soekarno tahun 1958,” kata Daniel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com