Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serahkan Bansos di Aceh, Wapres: Upaya Perlindungan Sosial

Kompas.com - 14/04/2022, 12:50 WIB
Ardito Ramadhan,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan beragam bantuan sosial secara simbolis kepada masyarakat di Loka Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus Darussa'adah, Aceh Besar, Aceh, Kamis (14/2/2022).

Ma'ruf mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan upaya pemerintah meringankan beban masyarakat yang terdampak fluktuasi harga akibat situasi ekonomi global dan perubahan iklim.

"Semua terdampak di seluruh dunia, termasuk kita, Indonesia. Karena itu, pemerintah memiliki peran untuk memperbesar upaya yang kita sebut sebagai perlindungan sosial kepada masyarakat bawah," kata Ma'ruf, dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Maruf Amin Ajak Umat Islam Amalkan Al-Quran Agar Tak Ada Lagi Praktik Adu Domba

Ma'ruf menuturkan, bantuan yang diberikan pemerintah juga diharapkan dapat mengendalikan harga kebutuhan pokok yang biasanya naik menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Sekuat mungkin kita melakukan langkah-langkah antisipasi untuk mengendalikan harga di masyarakat, terutama menjelang Lebaran," ujar Ma'ruf.

Adapun bantuan sosial yang diserahkan oleh Ma'ruf terdiri dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng, Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), serta Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) yang seluruhnya merupakan program Kementerian Sosial.

Baca juga: Isi Undangan DMI untuk Maruf Amin yang Dipalsukan Arief Rosyid

Ia menyerahkan bantuan program ATENSI berupa bantuan nutrisi dan tongkat kaki tiga kepada seorang lansia bernama Chairani, kursi adaptif kepada penyandang disabiltas bernama Hazinatun Fadilla, dan bantuan alat bantu motor kepada penyandang disabilitas bernama Rejeki Metuhadi.

Ma'ruf juga memberikan bantuan PKH/BPNT/BLT kepada penjual kue basah bernama Mariani, Rusmiah, dan Khaerani, serta penjual nasi bernama Mahyuni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com