Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembangan Divisi Humas Menjadi Badan Humas Ditarget Rampung 1 Tahun

Kompas.com - 16/12/2019, 21:15 WIB
Devina Halim,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polri menargetkan pengembangan Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) menjadi Badan Humas Polri selesai dalam jangka waktu satu tahun ke depan.

"Insya Allah. Pandangan saya, mudah-mudahan kalau pengkajiannya tidak panjang dan semua aspek mendukung, paling lambat satu tahun ke depan," ungkap Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/12/2019).

Iqbal mengatakan, naskah akademik mengenai pengembangan tersebut sudah rampung. Naskah itu pun sudah diserahkan ke ke Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis.

Baca juga: Polri Belum Tentukan Perpanjangan Masa Kerja Satgas Tinombala

Prosesnya di internal pun masih harus melalui beberapa tahap. Kapolri, kata Iqbal, telah memerintahkan Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri dan tim mengkaji naskah tersebut.

Setelah itu, prosesnya juga akan melalui Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (SDM).

Jika disetujui, Badan Humas akan dipimpin seorang perwira tinggi (pati) Polri berbintang tiga atau berpangkat komisaris jenderal. Sementara wakilnya akan diisi oleh pati berpangkat inspektur jenderal atau berbintang dua.

Struktur di bawahnya terdiri dari pati berbintang satu atau brigadir jenderal polisi. Iqbal mengatakan akan terdapat enam brigjen.

Perubahan lainnya adalah adanya direktur yang sebelumnya disebut sebagai kepala biro (karo). Namun, tetap akan ada dua karo, yaitu bagian perencanaan dan administrasi (renmin) serta pembinaan dan operasional (binops).

"Yang tadinya karo penmas jadi direktur penerangan, direktur informasi, ada direktur pemberitaan, ada direktur kemitraan. Tetapi masih ada karo, dua karo," ungkapnya.

Baca juga: Divisi Humas Polri Akan Jadi Badan Humas, Bakal Dipimpin Jenderal Bintang Tiga

Pengembangan itu juga tentunya akan berpengaruh kepada jajaran humas di polda dan polres.

"Ke bawah, kabid humas, itu kita harapkan gak ada lagi kepala bidang, karena ini fungsi utama. Jadinya direktur humas di polda, di bawahnya kasubdit. Di polres kita harapkan menjadi kepala satuan," tutur dia.

Menurutnya, pengembangan itu diinstruksikan Idham Azis dengan pertimbangan bahwa humas Polri lebih dibutuhkan untuk melayani masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com