Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas Perempuan dan Koalisi Masyarakat Sipil Sampaikan Refleksi 21 Tahun Tragedi Peristiwa Mei 998

Kompas.com - 13/05/2019, 14:31 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komnas Perempuan, Amnesty Internasional Indonesia (AII), Ikatan keluarga Korban Orang Hilang (IKOHI), KontraS, dan Paguyuban Mei’98 melakukan doa bersama dan aksi tabur bunga dalam rangka memperingati 21 tahun tragedi peristiwa Mei 1998 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Senin (13/5/2019).

Dari pantauan Kompas.com, acara tersebut dihadiri oleh komisioner Komnas Perempuan Mariana Amiruddin, Manager Kampanye Amnesty Internasional Puri Kencana Putri, Wakil Koordinator KontraS Feri Kusuma, perwakilan IKOHI Sri Hidayah dan perwakilan Paguyuban Mei'98 Darwin.

Baca juga: Paguyuban Mei 98 Doa Bersama dan Aksi Tabur Bunga di Mall Klender

Feri Kusuma mewakili koalisi masyarakat sipil, menyampaikan refleksi 21 tahun tragedi Mei 1998. Dalam pernyataan tersebut, dia meminta presiden terpilih 2019 nanti untuk tidak menempatkan terduga pelaku pelanggaran HAM dalam struktur kepemerintahan.

"Guna mempermudah penegakan hukum dan juga menjamin good governance yang harusnya bersih dari individu yang mempunyai rekam jejak negatif daIam Isu HAM," kata Feri dalam acara "21 Peristiwa Mei 1998" di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Senin (13/5/2019).

Baca juga: Nostalgia Kelam Kerusuhan Mei 98 Bergema di Media Sosial

Feri mengatakan, peringatan tragedi peristiwa Mei 1998 sebagai penanda perjuangan rakyat untuk menggerus otoritarianisme. Hal ini diharapkan dapat menjadi refleksi bagi para elit politik untuk melenyapkan budaya kekerasan di Indonesia.

"Pemerintah harus menghindari laku diskriminatif maupun menjamin hak warga negara seperti hak berorganisasi, berekspresi dan Jaminan perlindungan hukum serta kepastian hukum yang setara bagi semua Iapisan masyarakat," ujarnya.

Selanjutnya, Feri menyarankan pembuatan memorialisasi di situs atau tempat-tempat pelanggaran HAM di seluruh Indonesia. Seperti memorialisasi yang telah dilakukan pemerintah Provinsi DKI Jakarta di TPU Pondok Ranggon.

Baca juga: Kokangan Senjata dan Ketegangan Mei 98 dalam Kenangan Adian Napitupulu

"Hal ini bisa menjadi sebuah rambu-rambu di masa depan agar tidak pernah terjadi lagi peristiwa keji yang mengorbankan nyawa manusia Indonesia," pungkasnya.

Setelah itu, para perwakilan koalisi masyarakat sipil tersebut bersama keluarga korban tragedi peristiwa Mei 1998 menaburkan bunga di makam para korban peristiwa Mei 1998. Diketahui juga, sebanyak 113 jenazah dikubur di TPU Pondok Ranggon.

Kompas TV Dalam rangka mengingat insiden penculikan Mei 1998, sejumlah aktivis dan komunitas menggelar konser bertajuk &quot;Yang Muda Melawan Lupa&quot;.<br /> Konser Yang Muda Melawan Lupa, diselenggarakan di Toba Tabo Cafe, Jakarta Selatan, pada Sabtu (6/4) malam. Konser yang diinisiasi partisipasi Indonesia, Ikatan Keluarga Orang Hilang Indonesia dan This Play ini, bertujuan untuk menuntut keadilan dan kejelasan nasib 13 aktivis yang hilang sejak Mei 21 tahun yang lalu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com