Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ma'ruf Ingatkan Pentingnya Tingkatkan Nilai Tambah Produk Nasional

Kompas.com - 23/10/2018, 20:25 WIB
Rakhmat Nur Hakim,
Krisiandi

Tim Redaksi

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, Ma'ruf Amin, mengingatkan pentingnya meningkatkan nilai tambah dari produk nasional.

Hal itu disampaikan Ma'ruf dalam pidatonya di peringatan Hari Santri, di Asrama Haji Al Mabrur, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (23/10/2018).

"Jangan sampai produk nasional ada kesenjangan sehingga tidak bisa bersaing dengan produk global. Kita beri nilai tambah," kata Ma'ruf.

Ia menyinggung harga cokelat di Sulawesi Selatan yang hanya dijual murah dan diekspor ke Singapura. Namun cokelat tersebut diolah lalu dijual produk olahannya ke Indonesia dengan harga yang berlipat ganda.

Ma'ruf juga mencontohkan kopi yang menjadi komoditas unggulan Indonesia namun belum dapat dimanfaatkan secara optimal.

Akhirnya, kata Ma'ruf, kopi Indonesia hanya dijual mentah atau diekspor ke negara lain dan kembali dijual produk olahannya ke Indonesia dengan harga lebih mahal.

Baca juga: Maruf Amin Ingin Menang dengan Angka 70 Persen di Pilpres 2019

Ia mengatakan, hal tersebut juga harus dipikirkan oleh para santri. Sebab, kata Ma'ruf, para santri juga harus mampu terjun ke sektor ekonomi untuk menjawab tantangan zaman.

"Begitu juga indsutri kecil. Berikan nilai tambah, maka itu perlu membangun SDM tangguh. Kita ubah human resources jadi human capital yang punya kompetensi dan punya semangat tinggi. Semangat fighting spirit atau bahasa agama fastabikul khoirot. Berlomba dalam kebaikan," lanjut dia.

Kompas TV Apakah benar pernyataan Prabowo bahwa ekonomi Indonesia adalah ekonomi kebodohan?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com