Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasto: Partai Pengusung Utama Gus Ipul-Puti Tetap PDI-P dan PKB

Kompas.com - 11/01/2018, 06:25 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partai pengusung utama pasangan bakal calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno, adalah PDI-P dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Meskipun, belakangan Partai Gerindra turut memberikan dukungan bagi pasangan ini.

Dukungan Gerindra, yang merupakan oposisi, dinilai wajar. Hasto mengatakan, koalisi di daerah sangat mungkin berbeda dengan koalisi di pusat. Hal itu dilakukan untuk lebih memaksimalkan pembangunan di daerah tersebut. 

Baca juga: Puti Guntur Soekarno: Ini Sudah Suratan Takdir...

"Dengan demikian untuk di Jatim partai juga membuka ruang kerja sama bagi mereka-mereka yang memang memberikan dukungannya pada pasangan yang diusung oleh PDI-P," kata Hasto di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Sekretaris Jenderal PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto ditemui usai perayaan HUT PDI-P ke-45, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (10/1/2018).KOMPAS.com/ MOH NADLIR Sekretaris Jenderal PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto ditemui usai perayaan HUT PDI-P ke-45, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (10/1/2018).
Hasto mengatakan, pilkada mengharuskan partai untuk mengumpulkan suara rakyat sebanyak mungkin.

Baca juga: Daftar Pilkada Jatim, Gus Ipul-Puti Naik Becak

"Ya kami kerja sama (dengan Gerindra), tapi partai pengusung utama tetap PDI-P dan PKB sehingga yang lain memberi dukungan, tentu saja kami terima dengan baik," lanjut dia.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Nizar Zahro mengatakan, partainya bakal mengusung Saifullah Yusuf sebagai calon Gubernur Jawa Timur.  

Baca: Pilkada Jatim, PDI-P Yakin Nama Besar Soekarno Mendulang Suara untuk Puti

"Karena itu sebuah keputusan yang telah disampaikan, ya kami harus menerima dan mengamankan. Itu keputusan bulat. Siap otomatis untuk memenangkan di Pilgub Jatim," kata Nizar saat dihubungi, Rabu (10/1/2018).

Kompas TV PDI-P sudah dapat tambahan dukungan untuk Djarot di Pilkada Sumatera Utara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com