Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI pada Jumat Sore Ini - Kompas.com

Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI pada Jumat Sore Ini

Ihsanuddin
Kompas.com - 08/12/2017, 10:35 WIB
KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto (depan) menghadiri Sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/12/2017). DPR menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto untuk diangkat menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto (depan) menghadiri Sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/12/2017). DPR menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto untuk diangkat menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo.

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo akan melantik Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai panglima TNI, Jumat (8/12/2017) sore. Pelantikan dijadwalkan pukul 16.30 WIB, di Istana Negara, Jakarta. 

Kepastian soal pelantikan ini didapatkan dari anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat, Charles Honoris, yang sudah mendapatkan undangan pelantikan.

"Nanti sore 16.30, ya," kata Charles kepada Kompas.com, Jumat (8/12/2017).

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Charles Honoris.Fabian Januarius Kuwado Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Charles Honoris.
Hadi diajukan Jokowi sebagai calon panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan pensiun pada Maret 2018.

Baca juga: Meutya Hafid: Marsekal Hadi Tak Akan Berpolitik Praktis

Kepala Staf TNI Angkatan Udara itu sudah melewati uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPR. Ia mendapatkan persetujuan dari semua fraksi di DPR.

Pada Kamis (7/12/2017), Dewan Perwakilan Rakyat mengesahkan pencalonan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai panglima TNI dalam sidang paripurna.

Persetujuan pada sidang paripurna DPR ini merupakan tindak lanjut dari hasil uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi I DPR, Rabu (6/12/2017).

Seusai melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan lebih kurang enam jam, Komisi I menyatakan Hadi lolos proses tersebut. 

Update: Hadi Tjahjanto resmi menjabat Panglima TNI

Marsekal Hadi Tjahjanto resmi menjabat sebagai Panglima TNI. Presiden melantik Hadi di Istana Negara pukul 17.00 WIB.

Pelantikan berjalan lancar. Prosesinya dapat dibaca dalam berita "Marsekal Hadi Tjahjanto Resmi Jabat Panglima TNI".

Kompas TV Marsekal Hadi Tjahjanto mengundang anggota Komisi I DPR untuk sarapan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisIhsanuddin
EditorInggried Dwi Wedhaswary
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM