Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat: Pengganti Novanto Harus Berikan Nuansa Baru di DPR

Kompas.com - 21/11/2017, 14:33 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat politik Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, menilai, Ketua DPR pengganti Setya Novanto sebaiknya benar-benar dapat mengubah citra lembaga legislatif tersebut. Menurut dia, nama yang ditunjuk Partai Golkar sebaiknya tak cuma sebagai perpanjangan Novanto.

"Harga mati, Ketua DPR tidak boleh kontroversial atau punya kasus hukum," kata Yunarto dalam diskusi di lantor ICW, Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Menurut Yunarto, saat ini dibutuhkan Ketua DPR yang dapat memberikan nuansa baru di parlemen. Setidaknya, sosok tersebut punya niat untuk membangun citra DPR dengan kerja hanya dalam dua tahun.

Baca juga: Usut Setya Novanto, MKD Pertimbangkan Minta Keterangan KPK

Yunarto mengatakan, pengganti Novanto sebaiknya bersih dari isu korupsi dan kasus hukum lainnya. Selain itu, harus bisa melakukan perubahan mendasar dari sisi kebijakan terhadap semua kelemahan DPR saat ini.

Sebagai contoh, menurut Yunarto, hasil survei yang dilakukan beberapa lembaga menempatkan DPR sebagai lembaga negara yang memiliki citra paling buruk. DPR dinilai lembaga yang berkinerja paling rendah.

Selain itu, parlemen dianggap sebagai lembaga paling korup.

"Tugas utama ketua DPR yang baru adalah membangun citra baru dari sisi kebijakan atau menjadi PR dan marketing sebagai bungkus," kata Yunarto.

Kompas TV Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar menggelar rapat pleno membahas nasib sang ketua umum, Setya Novanto.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com