Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profesor Soetandyo Wignyosoebroto Berpulang

Kompas.com - 02/09/2013, 10:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
— Profesor Soetandyo Wignyosoebroto meninggal dunia pada usia 81 tahun, Senin (2/9/2013) pagi di Semarang.

Kabar duka tersebut diterima Kompas.com dari anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ali Masykur Musa yang merupakan salah satu muridnya.

"Prof Soetandyo adalah ilmuwan di bidang sosiologi hukum yang terkemuka. Pendapatnya selalu menjadi rujukan ilmuwan lainnya, khususnya pemerintah dalam menciptakan keteraturan sosial (social order)," kata Ali Masykur Musa.

Menurutnya, almarhum selalu memadukan ilmu Administrasi, Sosiologi, dan Hukum sebagai basis pengembangan ilmu-ilmu sosial. Hidupnya didedikasikan pada pengembangan ilmu, membantu terciptanya tatanan sosial yang teratur, dan menciptakan good governance. "Sudah sepatutnya kita merasa kehilangan ilmuwan besar dan sejati," tambahnya.

Prof Soetandyo selama ini dikenal sebagai salah satu pendiri FISIP Unair dan menjadi dekan pertama di sana. Ia juga menjadi Guru Besar Sosiologi Unair dan mantan Anggota Komnas HAM. Tahun 2011, ia meraih penghargaan sebagai Pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) berupa Yap Thiam Hien Award.

Ia juga salah satu penerima penghargaan cendekiawan berdedikasi menyambut Ulang Tahun ke-43 Harian Kompas tahun 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com