Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembakan Salvo Iringi Pemakaman Mantan Mendagri M Ma'ruf

Kompas.com - 10/03/2017, 15:34 WIB
Kristian Erdianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto memimpin upacara pemakaman Mantan Menteri Dalam Negeri Letnan Jenderal TNI (Purn) Mohammad Ma'ruf di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (10/3/2017).

Upacara dimulai tepat pukul 14.30 WIB sesaat setelah jenazah Ma'ruf tiba di area pemakaman.

Upacara kemiliteran dibuka dengan pembacaan apel persada oleh Wiranto sebagai inspektur upacara.

"Semoga roh dan jiwanya mendapat tempat yang sebaik-baiknya di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga dharma bakti bisa menjadi teladan bagi kita semua," ujar Wiranto.

(Baca: Wapres Jusuf Kalla dan SBY Hadiri Pemakaman Mantan Mendagri M Ma'ruf)

Setelah pembacaan apel persada, jenazah Ma'ruf dimakamkan dengan diiringi tembakan salvo sebanyak satu kali oleh lima personel TNI Angkatan Darat.

Salvo merupakan prosesi kehormatan dalam acara pemakaman kemiliteran sebagai tanda kehormatan.

Pantauan Kompas.com, sejumlah petinggi TNI, pejabat dan mantan pejabat pemerintahan hadir dalam upacara tersebut, antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Selain itu hadir pula Kepala Staf Umum Mabes TNI Letjen Didit Ashaf, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Mulyono dan Pangdam Jaya Mayjen Jaswandi, Mantan Wakil Presiden Boediono, Mantan Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan dan Mantan Menko Polhukan Agum Gumelar.

 

Mohammad Ma'ruf meninggal dunia pada Jumat (10/3/2017) sekitar pukul 00.00 WIB. (Baca: Mantan Mendagri Mohammad Ma'ruf Meninggal Dunia)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, Ma'ruf mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Advent, Bandung, Jawa Barat.

Jenazah disemayamkan di Jalan Parakan Arum Nomor 21, Bandung. Ma'ruf pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.pada Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid I.

Sejak 30 Maret 2007, M. Ma'ruf dirawat di Rumah akibat serangan jantung dan stroke.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com