Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Sebut Komunikasi dengan Semua Level Elite PKB Dilakukan

Kompas.com - 11/04/2024, 16:09 WIB
Tatang Guritno,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Menurut Habiburokhman, Partai Gerindra diwakili oleh ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad.

“Bagus banget (komunikasinya), semua level Pak Dasco kontak-kontakan ya, semua pimpinan PKB,” ujar Habiburokhman di Jalan Denpasar, Jakarta Selatan, Kamis (11/4/2024).

Dia mengatakan, saat ini Gerindra terus menjalin komunikasi dengan semua partai politik (parpol) di luar Koalisi Indonesia Maju.

Baca juga: Sandiaga Datangi Rumah Prabowo Hari Pertama Lebaran, Gerindra: Gestur Rekonsiliasi

Menurut Habiburokhman, itu dilakukan agar proses rekonsiliasi berjalan dengan cepat setelah sidang sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) selesai.

“Kita sudah diskusi di semua level, tinggal tentunya menunggu momentum selesai, kita tinggal menghormati semua prosedur yang ada di MK,” katanya.

“Setelah itu, insya Allah cepat sekali (rekonsiliasi), hitungan satu, dua hari, kita pikir bisa selesai,” ujar Habiburokhman lagi.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB Daniel Johan tidak menampik bahwa ketua umumnya, Muhaimin Iskandar punya hubungan baik dengan calon presiden (capres) pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto.

Baca juga: Prabowo Kembali Bertemu Jokowi, Gerindra Sebut agar Proses Rekonsiliasi Cepat Terwujud

Namun, Daniel menyebutkan bahwa hubungan itu tidak lantas menjadi sinyal bahwa PKB akan bergabung dengan pemerintahan ke depan.

Sementara itu, sampai saat ini, Prabowo gencar melakukan pendekatan pada pihak di luar koalisinya.

Mantan Danjen Kopassus itu sudah bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan mengaku menawarkan untuk bergabung dalam koalisinya.

Kemudian, kader elite Gerindra dan PDI-P sama-sama membuka pintu untuk mendorong pertemuan Prabowo dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: Hari Kedua Lebaran, Prabowo Kembali Bertemu Jokowi di Istana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com