Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Kembali Ingatkan ASN untuk Netral dan Profesional Jelang Pemilu 2024

Kompas.com - 30/05/2023, 13:15 WIB
Ardito Ramadhan,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN) untuk bersikap netral dan profesional dalam menjalankan tugas, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal ini disampaikan Ma'ruf Amin saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian secara virtual, Selasa (30/5/2023).

"Dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada 2024, ASN agar senantiasa menjunjung sikap netralitas dan profesional dalam menunaikan tugas-tugas birokrasi sesuai peran dan tanggung jawabnya," kata Ma'ruf Amin dikutip dari keterangan video, Selasa.

Ma'ruf juga mengingatkan agar ASN memiliki peran strategis sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Baca juga: Wapres Minta KPU dan Bawaslu Antisipasi Hoaks Jelang Pemilu 2024

Lebih lanjut, dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf menekankan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), utamanya kualitas kepemimpinan ASN mesti diperhatikan.

Ia mendorong manajemen talenta dapat menjadi instrumen efektif untuk memilah dan memilih calon-calon pemimpin di berbagai tingkatan organisasi.

"Talenta-talenta terbaik ini juga harus diciptakan secara terukur dari waktu ke waktu, sehingga keberadaannya akan berkesinambungan," ujar Ma'ruf Amin.

Ia lantas menyampaikan sejumlah pesan kepada kementerian, lembaga, dan kepala daerah untuk mendorong kebijakan manajemen talenta.

Baca juga: Survei Litbang Kompas: Citra Positif KPU-Bawaslu Meningkat Jelang Pemilu 2024

Pertama, pemangku-pemangku kepentingan mesti memperkuat langkah kolaborasi dalam mewujudkan peta jalan kebijakan manajemen talenta nasional.

"Petakan kendala yang dihadapi dalam empat tahun terakhir ini, baik di level nasional maupun daerah, serta di setiap instansi yang beragam ekosistemnya," katanya.

Kedua, rumuskan langkah-langkah konkret yang bersifat terobosan, terutamanya di aspek regulasi yang sekiranya belum selaras dengan penerapan manajemen talenta di semua tingkatan.

Ketiga, membekali para talenta birokrat yang telah dipetakan dan dibina secara khusus dengan visi dan semangat pencegahan dan pemberantasan korupsi, serta pola hidup sederhana.

Baca juga: Wapres Nilai Sudah Ada Gejala Polarisasi Jelang Pemilu 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com