Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
SOROT POLITIK

Bakal Gelar Konsolidasi Akbar, PDI-P Jatim Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024

Kompas.com - 04/05/2023, 11:34 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Timur (Jatim) akan melakukan Konsolidasi Akbar di Ballroom Hotel Shangri-La Surabaya pada Sabtu (6/5/2023).

Konsolidasi Akbar tersebut diagendakan sebagai bentuk pengamanan dan kesiapan PDI-P Jatim mengawal kemenangan Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.   

Sebelumnya, Ganjar telah ditunjuk oleh Ketua Umum (Ketum) Partai PDI-P Megawati Soekarnoputri sebagai Calon Presiden (Capres) 2024-2029 dari partai berlogo kepala banteng ini.

Konsolidasi Akbar itu nantinya akan dihadiri langsung oleh Ganjar Pranowo dan diikuti oleh segenap slagorde atau jajaran PDI-P. Pertama, jajaran struktural partai, mulai dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDI-P Jatim dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P se-Jatim.

Kedua, jajaran eksekutif partai, yakni para kepala dan wakil kepala daerah se-Jatim dari PDI-P.

Baca juga: Politisi PDI-P: Dari Era Dulu Pertemuan Presiden dengan Partai Politik Sudah di Istana

Ketiga, jajaran legislatif partai, yakni para Anggota Fraksi PDI-P Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) dengan daerah pemilihan (dapil) dari Jatim, serta Anggota Fraksi PDI-P Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten, kota dan provinsi se-Jatim.

Kehadiran Ganjar sendiri akan membakar semangat juang dari kekuatan inti tiga pilar PDI-P Jatim yang berjumlah 1.560 orang. Mereka akan menjadi ujung tombak pemenangan Ganjar Pranowo di Jatim pada Pemilu 2024.   

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD PDI-P Jatim, Said Abdullah mengatakan, pihaknya akan membagi tugas dan target pemenangan Ganjar Pranowo di masing-masing wilayah berdasarkan hasil pemetaan dan survei.

“Kerja politik kami kombinasi antara soliditas tiga pilar dan kader partai, militansi setiap kader dan simpatisan PDI-P. Hal ini dilakukan dengan kinerja secara perhitungan politik, sistematis, terstruktur dan rasional,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (4/5/2023). 

Said optimistis pihaknya bisa menyumbangkan kemenangan Ganjar Pranowo di Jatim pada pemilihan presiden (Pilpres) pada Februari 2024 dengan persentase minimal 60 persen.  

Baca juga: Capres yang Bisa Rebut Suara Buruh Dinilai Berpeluang Menang Pilpres 2024

Untuk membangkitkan semangat juang, dan militansi, kata dia, segenap kader PDI-P bergerak bersama rakyat. 

Said mengatakan, Ganjar Pranowo juga akan meresmikan pendirian Posko Pemenangan Ganjar di Pandegiling, Surabaya. 

“Kawasan Pandegiling menyimpan sejuta kenangan perjuangan bagi segenap slagorde PDI-P, bahkan saat di masa sulit di era orde baru,” ucapnya. 

Posko Pandegiling, lanjut Said, akan menjadi tonggak untuk mengokohkan daya juang menyukseskan dukungan rakyat untuk Ganjar Pranowo. 

Baca juga: Kedekatan Prabowo-Jokowi Dianggap Sinyal Dukungan Capres, Fadli Zon: Yang Paling Diharapkan Dukungan Rakyat

Serangkaian agenda Ganjar di Jatim 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com