Kompas.com - 16/06/2022, 03:00 WIB

KOMPAS.com - Tanggal 18 Juni 2022 jatuh pada hari Sabtu. Tanggal 18 Juni diperingati sebagai hari selancar internasional.

Selain itu, tanggal 18 Juni juga diperingati sebagai hari lain. Berikut peringatan dan perayaan yang jatuh pada tanggal 18 Juni 2022:

Hari Selancar Internasional

Hari selancar internasional diperingati untuk mempromosikan olahraga selancar dan keberlanjutan sumber daya laut.

Hari selancar internasional diperingati sejak tahun 2005 dan ditetapkan oleh Surfrider Foundation. Hari selancar internasional sekaligus menjadi wahana untuk mendidik masyarakat tentang dampak negatif dari aktivitas manusia yang tidak mengindahkan lingkungan.

Hari selancar internasional biasanya dirayakan dengan berbagai kegiatan seperti kontes selancar, pesta barbekyu, dan kegiatan lain yang fokus pada selancar.

Baca juga: Kiat Rio Waida di Liga Selancar Ombak Dunia 2022

Sejumlah kelompok juga membersihkan pantai dan kegiatan restoratif lain sebagai bentuk kontribusi positif terhadap lingkungan.

Hari Internasional Melawan Ujaran Kebencian

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB menetapkan hari internasional melawan ujaran kebencian untuk memerangi maraknya ujaran kebencian di dunia.

Ujaran kebencian adalah segala bentuk ucapan atau tulisan yang menyerang atau mendiskriminasikan seseorang maupun kelompok berdasarkan agama, suku, kebangsaan, ras, warna kulit, atau faktor identitas lainnya.

Ujaran kebencian tidak sebatas menghasut kekerasan tetapi juga termasuk suasana yang dapat mendorong terjadinya kekerasan.

Baca juga: Pesona Pantai Plengkung, Tuan Rumah Kompetisi Selancar Dunia WSL Banyuwangi 2022

Hari Kajeng Kliwon Uwudan

Kajeng Kliwon merupakan pertemuan antara Tri Wara yaitu Kajeng dan Panca Wara yaitu Kliwon.

Pada hari Kajeng Kliwon Uwudan diperingati umat Hindu di Bali dengan menghaturkan sesaji berupa blabaran atau segehan tipat dampul.

Blabaran atau segehan adalah salah satu sarana untuk menetralisir kekuatan negatif.

Kajeng Kliwon Uwudan juga dikenal sebagai hari yang digunakan untuk berbuat ugig oleh mereka yang menekuni ilmu pengleakan di Bali.

 

Referensi

  • Rahmawati, Nina. 2020. Hari-hari Penting Internasional. Yogyakarta: Laksana
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.