Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY-Surya Paloh Bertemu, Ketua DPP PDI-P: Kalau Sudah Level Langit Turun, Pasti Negosiasi

Kompas.com - 06/06/2022, 21:28 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto mengaku belum bisa menganalisa lebih jauh terkait pertemuan antara Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Minggu (5/6/2022) malam.

Namun menurutnya, besar kemungkinan ada negosiasi yang tercipta dalam pertemuan itu.

Baca juga: SBY-Surya Paloh Bertemu di Nasdem Tower, Plate: Sharing Situasi Politik Jelang 2024

"Nanti di sana Pak SBY dan sebagainya, itu sudah level atas semua ini. Kalau sudah level langitan semua yang turun, artinya level paling atas, itu ya pasti negosiasi," kata Bambang ditemui di Universitas Pertahanan, Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022).

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu menjelaskan level langit yang dimaksud adalah para petinggi partai politik yang turun gunung.

Ketua DPP PDI-P bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto ditemui di Universitas Pertahanan, Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022).KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA Ketua DPP PDI-P bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto ditemui di Universitas Pertahanan, Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022).
Menurut dia, apa yang diasumsikan sebagai lobi-lobi politik melalui pertemuan itu merupakan ranah dari para petinggi parpol. Sehingga tidak ada seorang pun yang bisa mempengaruhi.

Baca juga: Naik Turun Hubungan SBY-Surya Paloh dan Sinyal Koalisi Demokrat-Nasdem pada 2024

"Lobi-lobi di langit atas, level paling atas. Itu sudah pikiran para beliau beliau, tentu kita hanya bisa menduga, tapi tak bisa mempengaruhi, oke," ucap Sekretaris Fraksi PDI-P DPR itu.

Kendati demikian, ia menegaskan bahwa pertemuan antara SBY dan Surya Paloh tidak membuat PDI-P khawatir.

Utamanya kekhawatiran soal jajak koalisi menuju Pilpres 2024. Diketahui, PDI-P hingga kini belum menentukan akan berkoalisi atau tidak dalam Pemilu 2024.

PDI-P pun ditegaskan tetap menunggu arahan dan keputusan Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri terkait Pemilu maupun Pilpres 2024.

"Oh kekhawatiran, tidak ada. Kita di level atas sudah pasti ada pada ibu ketua umum," jelas Ketua Komisi III DPR itu.

Sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, Minggu malam.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate membenarkan kabar tersebut.

Baca juga: Ketua DPP Nasdem Sebut Hubungan Surya Paloh-SBY Baik-baik Saja

"Pertemuan dua sahabat lama banget Surya Paloh dan Pak SBY yang sebetulnya bersifat sangat privat," kata Johnny kepada Kompas.com, Senin.

Menteri Komunikasi dan Informatika yang turut mendampingi pertemuan keduanya itu berujar, SBY dan Paloh saling berbagi pendapat dan pandangan terkait situasi bangsa saat ini.

"(Paloh dan SBY) sharing pandangan dan telaahan atas perkembangan situasi politik nasional khususnya menjelang Pileg, Pilpres dan Pilkada Serentak 2024 yang harus dikelola dengan penuh tanggung jawab agar berjalan dengan baik dan sukses," jelas Johnny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com