Kompas.com - 20/05/2022, 08:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memaknai Hari Kebangkitan Nasional sebagai momentum untuk menjaga semangat nasionalisme.

Hal itu disampaikan juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak terkait momentum Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap 20 Mei.

“Pak Menhan (Prabowo) mengajak memaknai kembali momentum Kebangkitan Nasional sebagai momentum mempersatukan menjaga semangat nasionalisme di tengah tantangan yang semakin kompleks,” kata Dahnil kepada Kompas.com, Jumat (20/5/2022).

Baca juga: Hari Kebangkitan Nasional, Ketua DPR Ajak Masyarakat Perkokoh Gotong Royong Bangun Bangsa dan Negara

Prabowo, kata Dahnil, mempunyai keyakinan bahwa untuk mewujudkan Indonesia maju, adil, dan makmur hanya bisa diwujudkan jika semua anak bangsa saling bergandengan tangan, bersatu, berlomba-lomba berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara.

“Khususnya anak muda, berkaryalah sesuai bakat dan minat dan terus pupuk semangat nasionalisme dan mari kita rawat Indonesia yang tinggi keberagamannya ini,” kata Dahnil menyampaikan pesan Prabowo.

Baca juga: Hari Kebangkitan Nasional, Bangkitnya Nasionalisme

Hari Kebangkitan Nasional ditetapkan pada 16 Desember 1959 oleh Presiden Soekarno sebagai hari nasional yang bukan hari libur melalui Keputusan Presiden atau Keppres Nomor 316 Tahun 1959.

Perayaan hari kebangkitan nasional jatuh pada 20 Mei karena bertepatan dengan lahirnya organisasi Budi Utomo.

Budi Utomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan.

Pada 20 Mei 2022, Indonesia merayakan hari kebangkitan nasional yang ke-114. Tema hari kebangkitan nasional 2022 adalah "Ayo Bangkit Bersama".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.