Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 3 Mei 2024 Memperingati Hari Apa?

Kompas.com - 01/05/2024, 00:00 WIB
Tari Oktaviani

Penulis

KOMPAS.com – Tanggal 3 Mei 2024 jatuh pada hari Jumat. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia.

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 3 Mei 2024.

Hari Kebebasan Pers Sedunia

Setiap tanggal 3 Mei setiap tahunnya dirayakan sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia atau yang dikenal dengan World Freedom Press Day.

Hari Kebebasan Pers Dunia ditetapkan oleh PBB pada tahun 1993 menyusul rekomendasi Sidang ke-26 Konferensi Umum UNESCO Tahun 1991.

Peringatan ini dilatarbelakangi oleh kejadian Perang Saudara Afrika pada akhir abad ke-20 yang banyak menyerang jurnalis.

Dalam hari ini, diharapkan menjadi momentum untuk mengevaluasi pers yang tidak terikat oleh pihak manapun. Hal ini mengingat pers harus mengedepankan kepentingan masyarakat luas.

Sementara itu di Indonesia, momentum hari pers ini merupakan pengingat kepada pemerintah mengenai komitmen untuk menghormati kebebasan pers di Indonesia yang sesuai dengan kode etik jurnalistik. 

Hari Koala Liar Internasional

Hari Koala Liar Internasional ini ada setiap tanggal 3 Mei.

Koala merupakan hewan asli dan unik di Australia. Namun upaya untuk menyelamatkan mereka harus bersifat global.

Hari Koala Internasional mengimbau seluruh dunia untuk membantu koala terhindar dari kepunahan.

Hal ini karena koala adalah salah satu dari 10 spesies paling berisiko akibat perubahan iklim.

Hari Koala Liar Internasional diharapkan dapat meningkatkan kesadaran manusia tentang masalah serius yang mengancam kelangsungan hidup koala. Cara melakukan langkahnya bisa dengan menanam pohon di hutan hingga menjaga koala dari perburuan liar.

Baca juga: Australia Mulai Vaksinasi Koala, Cegah Klamidia Berujung Kepunahan

Hari Peringatan Konstitusi Jepang

 

Jepang memperingati Hari Konsitusi yang diadakan setiap tahun pada tanggal 3 Mei.

Adanya hari ini sebagai pengingat atas konstitus yang disahkan setelah kaisar Jepang, Kaisar Showa, menyerah kepada Sekutu, yakni AS, pada tahun 1945.

Butuh jangka waktu dua tahun hingga konstitusi baru tersebut disahkan. diselesaikan dan diratifikasi. Akhirnya pada tanggal 3 Mei 1945, konstitusi baru menggantikan konstitusi lama yang dikenal dengan Konstitusi Meiji.

Konstitusi Meiji berfokus pada penegakan kedaulatan rakyat, melindungi mereka, dan menyelesaikan konflik internasional tanpa menggunakan senjata.

Tanggal 3 Mei dipilih sebagai Hari Konstitusi di Jepang karena kebetulan juga merupakan hari dimana konstitusi baru menggantikan konstitusi lama. Pada hari ini banyak orang mengunjungi gedung konstitusi untuk berfoto dan mengetahui sejarahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com