Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Sampaikan Keynote Speech di UGM, Menkominfo Ajak Mahasiswa Eksplorasi Potensi Digital Indonesia

Kompas.com - 18/05/2022, 19:55 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate mengajak mahasiswa, khususnya di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, untuk mengeksplorasi potensi digital Indonesia.

Selain eksplorasi, ia menyerukan agar mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi terbaru secara produktif, termasuk metaverse.

Pernyataan itu Johnny katakan saat menyampaikan Keynote Speech Unpacking the Metaverse: Akselerasi Transformasi Digital dalam menyambut teknologi masa depan di Graha Sabha Pramana UGM Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

“Saya harap rangkaian agenda pada hari ini, Rabu (18/5/2022), mampu memacu semangat para mahasiswa UGM untuk makin antusias dalam menggali ilmu dan mengeksplorasi potensi digital Indonesia,” ujarnya seperti yang dimuat dalam laman kominfo.go.id, Rabu.

Baca juga: Di Davos, Menkominfo Bahas Potensi Digital ASEAN

Tak hanya itu, lanjut Johnny, mahasiswa diharapkan mampu menaklukkan berbagai tantangan untuk mentransformasi alam imersif metaverse guna memajukan Ibu Pertiwi.

Oleh karenanya, ia juga mengajak mahasiswa menjadi bagian penting untuk menghadirkan Indonesia yang semakin digital dan maju.

“Sebagai mahasiswa yang mengakar kuat menghujam bumi, tumbuh menjulang tinggi, dan rimbun meneduhkan. Bagikanlah buah pengetahuan kepada siapapun yang bernaung di bawahnya. Bersama-sama kita hadirkan Indonesia yang terkoneksi, makin digital, makin maju!” ajak Johnny.

Seperti diketahui, Indonesia tengah memegang tampuk keketuaan atau Presidensi Group of Twenty (G20) 2022.

Baca juga: Kemenkominfo Ingin Konsep Harmoni Angklung Jadi Inspirasi Perumusan Kebijakan Digital DEWG G20

Johnny selaku pengampu Digital Economy Working Group (DEWG) mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) saat ini sedang membicarakan berbagai peluang dan tantangan kemajuan teknologi digital.

“Saat ini juga, di Yogyakarta tengah berlangsung pertemuan DEWG G20 membahas tiga isu prioritas,” jelasnya.

Adapun tiga isu prioritas yang diangkat pada DEWG, yaitu pertama, konektivitas digital dan pemulihan pascapandemi Covid-19. Kedua, literasi digital dan keterampilan digital, dan ketiga arus data lintas batas negara (cross border data flow dan data free flow with trust).

Johnny menyatakan, salah satu gagasan yang diangkat pada pembahasan isu DEWG adalah people-centered digital connectivity atau konektivitas digital yang berpusat pada orang.

Baca juga: Prokes Ketat hingga Wayang Kulit di Sidang Kedua DEWG G20

“Gagasan ini berasal dari konsep pembangunan infrastruktur digital negara-negara G20,” ucapnya.

Pembangunan infrastruktur digital, kata Johnny, tidak hanya berfokus pada aspek teknis saja, tetapi juga pembangunan yang dibarengi dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM). Hal ini termasuk dalam konteks teknologi masa depan seperti metaverse dan blockchain.

Kolaborasi Kemenkominfo dan UGM

Pada kesempatan tersebut, Johnny menjelaskan, kerja sama dan kolaborasi antara Kemenkominfo dan UGM telah terjalin erat sejak lama.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com