Kompas.com - 12/05/2022, 20:32 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu RI) Judha Nugraha mengungkapkan, sebanyak 85 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjerat kasus penipuan kerja telah dipulangkan dari Turki ke Indonesia.

Judha pun mengungkapkan, para WNI tersebut diberangkatkan ke Turki dengan berbagai macam modus.

"Pada press briefing sebelumnya sudah ditangani 85 pekerja migran yang diberangkatkan ke Turki dengan berbagai macam modus, saat itu 69 dipulangkan, dan saat ini 16 orang yang masih di Turki, Alhamdulillah sudah dipulangkan," ujar Judha pada press briefing yang diadakan Kemenlu di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Berkaca dari kasus tersebut, Judha pun mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk lebih berhati-hati ketika mendapatkan tawaran kerja yang terlalu menggiurkan.

Baca juga: Kerusuhan di Sri Lanka, Kemenlu Sebut Kondisi WNI Masih Aman

Ia mengungkapkan, WNI harus terlebih dahulu mengecek kredidbilitas dari instansi yang memberikan penawaran pekerjaan ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

"Bisa juga ke dinas tenaga kerja setempat, dan pastikan keberangkatan sesuai prosedur," ucap Judha.

Ia juga meminta agar WNI yang diberi tawaran untuk bekerja di luar negeri harus mematuhi peraturan, seperti menggunakan visa bekerja alih-alih memakai visa wisata.

"Jadi jangan menggunakan visa wisata kemudian bekerja ke luar negeri, karena itu sudah menjadi salah satu modus keberangkatan," kata Judha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.