Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran, Kemenkes Siapkan 13.966 Fasyankes dan 340 Pos Layanan Kesehatan

Kompas.com - 20/04/2022, 18:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, selama periode mudik Lebaran, pihaknya menyiapkan 13.966 fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) di seluruh Indonesia untuk melayani para pemudik.

Kemenkes juga menyiapkan 340 pos pelayanan kesehatan beserta dengan ambulans roda empat dan roda dua.

"(Terletak) di berbagai rest area di jalan tol, pintu exit tol, jalur tol, jalur jalan raya non tol serta beberapa tempat wisata," kata Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (20/4/2022).

Nadia mengatakan, dengan mendekatkan akses pelayanan kesehatan, diharapkan perjalanan mudik dapat berjalan aman, nyaman dan sehat.

Baca juga: Anak di Bawah 18 Tahun Boleh Mudik Tanpa Tes Covid-19, Ini Tips Aman dari IDAI

"Kita siapkan untuk melayani masyarakat baik dalam perjalanan mudik maupun di daerah tujuan mudik, agar akses pelayanan kesehatan masyarakat semakin kuat," ujarnya.

Lebih lanjut, Nadia berharap kegiatan dan perjalanan masyarakat selama Ramadhan terlaksana dengan baik seiring dengan penurunan kasus Covid-19.

Ia mengatakan, tren penurunan kasus Covid-19 diiringi dengan penurunan angka reproduksi menjadi 1.

"Kita harapkan angka reproduksi harus turun di angka kurang dari 1 supaya kita terus menekan laju penularan yang berarti penularan virus ke orang lain jadi jarang kalau angkanya kurang dari satu," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com