Kompas.com - 20/04/2022, 17:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat tentang prediksi sekitar 40 juta kendaraan yang akan mudik lewat jalur darat jelang Idul Fitri 2022.

Presiden khawatir jalur darat akan macet total apabila tidak ada antisipasi penguraian lalu lintas dan strategi mudik dari masyarakat.

"Yang berat memang adalah yang mudik lewat darat. Ada 23 juta mobil yang akan mudik akan ada 17 juta sepeda motor yang akan mudik. Angka-angka ini bukan angka yang kecil," ujar Jokowi saat memberikan keterangan di Pasar Bangkal, Sumenep, Madura sebagaimana dilansir dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/4/2022).

"Sehingga saya ingatkan, sudah tiga kali kita ratas-kan untuk manajemen lalu lintas, manajemen traffic-nya betul-betul disiapkan karena yang saya takutkan tanggal 28,29,30 (April) itu akan macet total kalau tidak ada rekayasa lalu lintas," tegasnya.

Baca juga: Jokowi: Yang Mudik Pakai Mobil Supaya Lebih Awal, daripada Nanti Macet

Menurutnya, sejumlah strategi sudah disiapkan pemerintah untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat arus mudik.

Antara lain, pengaturan ganjil genap, pengaturan untuk satu arah (one way) dan untuk sementara truk dikeluarkan dari jalan tol maupaun jalan nasional yang akan dipakai jalur mudik.

"Tetapi itu belum jaminan. Oleh sebab itu saya mengajak masyarakat untuk mudik yang memakai mobil lebih awal daripada nanti macet. Lebih awal mudiknya, yang lewat darat dan pakai mobil karena betul-betul angka 23 juta (mobil) itu bukan angka kecil," tegas Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.