Kompas.com - 17/02/2022, 06:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi II DPR telah menetapkan 5 anggota terpilih Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Periode 2022-2027.

Penetapan dilakukan Kamis (17/2/2022) pukul 01.00 dini hari, setelah proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap para calon dan rapat internal Komisi II.

Baca juga: Ini 7 Nama Anggota KPU Terpilih Periode 2022-2027, Ada Satu Petahana

"Apakah kita bisa setujui?," tanya Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia kepada peserta rapat.

"Setuju," jawab peserta menandakan persetujuan atas penetapan 5 calon anggota Bawaslu.

Dari lima nama terpilih, hanya ada satu petahana anggota Bawaslu RI yang sebelumnya menjabat pada periode 2017-2022. Sisanya yakni anggota Bawaslu daerah.

Baca juga: Ada Anggota Positif Covid-19, Pimpinan Komisi II: Fit and Proper Test Calon Anggota Bawaslu Tetap Dilanjutkan


Adapun kelima nama itu terpilih setelah melalui fit and proper test bersama 10 nama calon anggota Bawaslu lainnya. Setelah ini, kelima nama tersebut akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo untuk selanjutnya dilantik.

Berikut daftar nama kelima anggota Bawaslu terpilih periode 2022-2027:

  1. Lolly Suhenty
  2. Puadi
  3. Rahmat Bagja
  4. Totok Hariyono
  5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.