Kompas.com - 23/12/2021, 11:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memuji kemampuan salah satu pasukan elite TNI Angkatan Udara, Satuan Bravo 90 (Satbravo-90).

Hal itu disampaikan Mahfud ketika mengunjungi Markas Satbravo-90 di Lanud Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/12/2021).

"Saya sangat bangga, Satbravo-90 selain menjadi prajurit perkasa yang disegani di dunia juga banyak menorehkan prestasi yang gemilang, baik dalam mengani operasi pemberontakan dalam negeri, operasi pembebasan sandera dan penumpasan gerakan ekstrimis," ujar Mahfud, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Mantap Pilih Rafale dan F-15EX, TNI AU Siapkan 3 Skuadron Khusus Jet Tempur Generasi 4,5

Adapun kedatangan mantan Menteri Pertahanan di era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu ke markas pasukan anti-teror untuk melihat kesiapan satuan khusus yang dimiliki TNI.

Dalam kesempatan ini, Mahfud mengatakan Satbravo-90 memiliki kemampuan dalam penanggulangan aksi terorisme.

"Semua pasukan elite yang dimiliki oleh TNI dapat dilibatkan dengan baik, Satbravo-90 dapat berperan aktif dalam penanggulangan terorisme. Terorisme adalah kejahatan yang luar biasa, extraordinary crime," ungkap Mahfud.

Satbravo-90 merupakan bagian dari Korp Paskhas TNI AU yang diresmikan pada 19 Oktober 1990.

Satbravo-90 juga merupakan satuan khusus yang mampu berperan untuk melakukan operasi-operasi khusus inkonvensional matra udara, sesuai dengan perkembangan ancaman dan perkembangan iptek.

Baca juga: Modus Anggota TNI Ajak Kenalan di Wisma Atlet, Tulis Nomor HP di Paspor Mahasiswi Berujung Dibebastugaskan

Satbravo-90 telah banyak terlibat dalam penugasan penting di antaranya pada 1999 ditugasi mengendalikan Bandara Komoro dalam Satgas Indonesian Task Force in East Timor dan merupakan pasukan terakhir yang meninggalkan Timor Leste.

Pada Agustus 2021 lalu, Satbravo-90 melaksanakan evakuasi WNI dan staf Kedubes Afganistan.

Sebelumnya, Mahfud juga telah mengunjungi Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) Korps Marinir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.