Kompas.com - 08/07/2021, 15:33 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate memberikan keterangan kepada wartawan terkait putusnya kabel laut fiber optik ruas Biak-Jayapura di Jakarta, Senin (7/6/2021). Pemerintah dan Telkom saat ini masih melakukan penanganan pada putusnya kabel laut akibat faktor alam yang berdampak pada total trafik dari normal sistem komunikasi di seluruh Papua sekitar 154 gbps dari total trafik di Papua 464 gbps. atau terdampak sepertiga dari total trafik. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRAMenteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate memberikan keterangan kepada wartawan terkait putusnya kabel laut fiber optik ruas Biak-Jayapura di Jakarta, Senin (7/6/2021). Pemerintah dan Telkom saat ini masih melakukan penanganan pada putusnya kabel laut akibat faktor alam yang berdampak pada total trafik dari normal sistem komunikasi di seluruh Papua sekitar 154 gbps dari total trafik di Papua 464 gbps. atau terdampak sepertiga dari total trafik. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mendorong kerja sama yang lebih masif lagi dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Pasalnya, Indonesia memiliki target yang cukup banyak dalam melaksanakan vaksinasi tersebut, yakni 70 persen populasi penduduk Indonesia atau sebanyak 181,5 juta untuk mencapai kekebalan kelompok.

Menurut Johnny, untuk mewujudkan hal itu memerlukan kerja sama lebih masif seluruh komponen bangsa, termasuk perguruan tinggi.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga Dimungkinkan, Bio Farma: Sifatnya Booster, Boleh Beda Merek

“(Target vaksinasi) setara dengan 181,5 juta, satu pekerjaan yang tidak gampang. Jadi, tidak bisa pemerintah saja, tidak bisa juga hanya aparat atau petugas kesehatan, tetapi seluruhnya baik pemerintah, dunia usaha, media, organisasi sosial kemasyarakatan dan perguruan tinggi," ujar Johnny saat meninjau Vaksinasi Massal tahap pertama untuk Masyarakat di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, dikutip dari siaran pers, Kamis (8/7/2021).

Johnny mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 13,3 juta vaksin dosis pertama yang diberikan kepada masyarakat.

Sebab dinilai masih sedikit, Johnny pun menilai perlu upaya lebih masif lagi untuk melaksanakan vaksinasi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Di sini lah peran kolaborasi, tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Di saat PPKM darurat yang menghambat atau membatasi gerakan dan tindakan masyarakat, di saat yang sama pula kita harus sukses meningkatkan vaksinasi,” kata dia.

Baca juga: Dirut Bio Farma Prediksi Vaksinasi Covid-19 Bakal Rutin Tiap Tahun

Johnny menjelaskan, pada bulan Juli pemerintah menargetkan untuk melakukan penyuntikan minimal 1 juta vaksin per hari.

Target tersebut diharapkan akan lebih meningkat menjadi 2 juta dosis vaksin pada bulan Agustus 2021.

"Jika semua itu terlaksana dengan baik, maka di bulan November atau Desember akan menghasilkan herd immunity secara nasional," ucap Johnny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.