Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Harian Covid-19 di India Turun, Bagaimana Strateginya?

Kompas.com - 19/05/2021, 14:18 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsul Jenderal RI Mumbai Agus Prihatin Saptono mengatakan, kasus harian Covid-19 di India dalam beberapa hari terakhir mulai mengalami penurunan.

Kasus Covid-19 di India sempat mengalami peningkatan yang signifikan dengan kasus harian rata-rata 400.000 kasus per hari.

"Itu 400.000 kasus Covid-19 puncaknya, bahkan 412.000. Tetapi per hari ini, itu (kasus Covid-19) sudah melandai. Jadi kalau perlu saya sampaikan dalam seminggu terakhir ini di seluruh wilayah India sudah mulai menurun," kata Agus dalam diskusi secara virtual, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Pandemi Belum Usai dan Solidaritas Indonesia Kirim Oksigen ke India yang Kolaps akibat Covid-19

Lantas, bagaimana upaya Pemerintah India dalam menekan kasus Covid-19?

Agus mengatakan, Pemerintah India menambah hunian rumah sakit dan pusat isolasi.

Selain itu, Pemerintah India melakukan manajemen pembangunan oksigen untuk setiap rumah sakit yang berkolaborasi dengan para pelaku usaha.

"Jadi membangun oksigen plan, kapasitas 30.000 kilo per rumah sakit, membangun command center untuk refill oksigen setiap terpakai 20 persen," ujar dia. 

Baca juga: Apa Itu Jamur Hitam yang Menjangkiti Pasien Covid-19 di India?

Selain itu, ada pemberlakuan pembatasan aktivitas setiap akhir pekan. Hanya sektor esensial dan kesehatan yang diperbolehkan tetap dibuka. Sementara itu, sektor ditutup.

"Terakhir PCR test, swab PCR 200.000 per hari dan penyegelan rumah begitu ada 5 orang yang kena Covid-19 dan dijaga ketat," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com