Tower 6 Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Segera Dibuka

Kompas.com - 21/05/2020, 14:31 WIB
RS Wisma Atlet Kemayoran. Dok. BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRRS Wisma Atlet Kemayoran.
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Kesehatan Kodam Jaya Kolonel CKM dr Donny Guntur menyatakan, sebentar lagi Tower 6 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, segera difungsikan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19.

"Ini kan proses mengubah dari Wisma Atlet jadi rumah sakit dan memang sudah tahap penyelesaian, sudah 98 persen," ujar Donny di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, Kamis (21/5/2020).

"Hampir 100 persen, tinggal pembenahan, pembersihan, dan pengisian alat kesehatan," kata dia.

Baca juga: 1.108 Pasien Jalani Rawat Inap di RSD Covid-19 Wisma Atlet

Ia menambahkan, pemerintah memutuskan membuka tower baru untuk difungsikan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 lantaran Tower 7 dan Tower 4 kapasitanya hampir penuh, yakni sudah 80 persen terisi.

Pada 19 Mei, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet mencapai 1.177 orang.

Dari data itu tercatat sebanyak 1.049 orang berstatus positif Covid-19, 36 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), dan 92 orang berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

"Jadi dasar pertama pembukaan tower yang lain memang kalau sudah mencapai 80 persen (kapasitas terisi pasien). Dan sekarang pasiennya juga sudah cukup banyak," kata Donny.

Baca juga: Pangkogabwilhan-I Tinjau Kesiapan Tower 6 di Wisma Atlet Kemayoran

Sebelumnya diberitakan, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid menyampaikan, Tower 6 Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran siap beroperasi Jumat (15/5/2020) mendatang.

Namun, hingga kini tower 6 masih dalam tahap penyelesaian dan akan segera dibuka dalam waktu dekat.

"Minggu kedua ya (Mei) sekitar tanggal 15 Mei," ucap Khalawi menjawab Kompas.com, Kamis (29/4/2020).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X