UNICEF: Manfaatkan Bekerja dari Rumah untuk Memberi Kasih Sayang ke Anak

Kompas.com - 02/04/2020, 14:49 WIB
Child Protection Specialist Unicef, Astrid Gonzaga Dionisio, saat berada di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/1/2018). KOMPAS.com/Labib ZamaniChild Protection Specialist Unicef, Astrid Gonzaga Dionisio, saat berada di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Child Protection Specialist UNICEF Indonesia Astrid Gonzaga Dionisio mengatakan, kebijakan beraktivitas di rumah yang diterapkan saat ini menjadi kesempatan orangtua untuk memberikan kasih sayang dan pujian kepada anak-anaknya.

"Buatlah ini jadi kesempatan untuk kita memberikan kasih sayang kepada anak-anak kita setiap harinya, diakhiri dengan memberikan sedikit pujian kepada anak-anaknya," kata Astrid dalam konferensi pers di BNPB, Kamis (2/4/2020).

Ia mengatakan, selama menjalankan kebijakan di rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19, orangtua harus memberikan hal positif kepada anak-anaknya.

Baca juga: 15 Rekomendasi Tayangan Netflix untuk Anak-anak Sesuai Kategori Usia

Hal tersebut agar mereka tetap merasa senang saat bersama keluarga.

"Berikan satu hal yang positif, apa yang dilakukan anak-anak, karena stay home (diam di rumah) adalah bagaimana kita bersama yang ada dalam keluarga jadi stay home yang menyenangkan," kata dia.

Meskipun ada banyak tantangan saat menjalankan hal tersebut, tetapi kondisi itu akan menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak.

Baca juga: Karena Pandemi Corona, Anak-anak Ayu Azhari Belajar Makan Nasi Telur Kecap

Oleh karena itu, peranan orangtua pun sangat penting saat mendampinginya.

"Tapi, orangtua juga tidak ingin stres dalam pengurusan ini. Orangtua, bapak, ibu, siapa pun yang pengasuhan anak, harus melihat kebutuhan diri sendiri," kata dia.

Apabila membutuhkan istirahat, kata dia, orangtua harus mencari waktu yang baik untuk melakukannya tanpa mengabaikan apa yang dilakukan anak-anaknya.

Sebelumnya, pemerintah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mengatasi wabah Covid-19 yang disebabkan virus corona.

Baca juga: Anak-anak Tidak Rentan terhadap Virus Corona, tetapi...

Kebijakan itu didasari Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

PP tersebut diteken Presiden Joko Widodo pada Selasa (31/3/2020).

Salah satu penerapannya adalah dengan meniadakan aktivitas di luar rumah. Bekerja, belajar, dan beribadah dilaksanakan di rumah masing-masing.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X