Pemerintah Akan Beri Logistik ke WNI Peserta Tablig Akbar di Malaysia

Kompas.com - 31/03/2020, 20:40 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi di Jakarta, 10 Januari 2020. AJENG DINAR ULFIANA/REUTERSMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi di Jakarta, 10 Januari 2020.
Penulis Dani Prabowo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi memastikan, pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga negara Indonesia ( WNI) di Malaysia yang sebelumnya mengikuti kegiatan tablig akbar di negara tersebut.

Tidak sedikit dari mereka yang masih tertahan di Negeri Jiran lantaran Pemerintah Malaysia mengeluarkan Perintah Kawalan Pergerakan atau Movement Control Order (MCO) per 18 Maret 2020 seiring dengan peningkatan kasus Covid-19 di negara tersebut.

"Sejauh ini, sudah lebih dari 3.000 bantuan logistik yang diberikan dan ini akan kita lanjutkan tentunya sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan situasi di negara tersebut," kata Retno ketika menyampaikan keterangan, Selasa (31/3/2020).

Baca juga: Suami Pasien Covid-19 di Sumbar Ikut Acara Tablig Akbar di Malaysia

Menurut dia, Kemenlu dan perwakilan Indonesia di Malaysia terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Malaysia untuk mendistribusikan bantuan yang diperlukan WNI di sana.

"Tentunya pemberian-pemberian bantuan logistik ini, karena ini berada di negara lain maka akan kami terus koordinasikan dengan otoritas Malaysia," ujar dia. 

Hingga kini, berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia, terdapat 2.470 kasus positif Covid-19 di Malaysia.

Berdasarkan data yang dirilis Kemlu melalui akun Twitter resminya, terdapat 34 WNI yang dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga: WNI Peserta Tablig Akbar di Malaysia yang Positif Covid-19 Jadi 13 Orang

Mereka diduga tertular penyakit tersebut setelah sebelumnya sempat mengikuti kegiatan tablig akbar.

Dari jumlah tersebut, satu orang diketahui meninggal dunia. Hingga kini, Kemlu masih mendata berapa jumlah pasti WNI yang mengikuti kegiatan tablig akbar tersebut.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X