Wapres Sebut Pemerintah Akan Impor Kebutuhan Masyarakat untuk Cegah Sebaran Covid-19

Kompas.com - 18/03/2020, 18:04 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin saat melakukan video conference dengan Presiden Jokowi, Rabu (18/3/2020). Dok. KIP/SetwapresWakil Presiden Maruf Amin saat melakukan video conference dengan Presiden Jokowi, Rabu (18/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebutkan pemerintah akan mengimpor secepatnya perlengkapan yang dibutuhkan masyarakat dalam menangkal sebaran virus corona seperti masker.

Impor akan dilakukan apabila produsen di dalam negeri tidak bisa memproduksi dalam jumlah banyak.

Hal tersebut, kata dia, merupakan langkah pemerintah yang akan diambil secepat mungkin untuk menyediakan perlindungan bagi masyarakat.

Baca juga: Wapres Minta Lurah dan RT/RW Beri Pemahaman Warga soal Social Distancing

"Mengenai perlengkapan-perlengkapan seperti masker, dan lainnya, maka pemerintah mengambil langkah cepat. Kalau memang memperbanyak produk dalam negeri dan yang tidak bisa dilakukan dalam negeri, kami akan mengimpor secepatnya," ujar Ma'ruf di Rumah Dinas Wapres, Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Saat ini, kata Ma'ruf, proses untuk impor tersebut sedang dalam proses penandatanganan.

Tidak hanya masker, tetapi peralatan perlindungan lain yang dibutuhkan masyarakat dalam mencegah sebaran virus corona.

Baca juga: UPDATE: 11 Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh, 19 Kasus Meninggal

Seperti diberitakan, kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat.

Pemerintah mengumumkan adanya penambahan jumlah kasus positif virus corona atau Covid-19 secara signifikan sejak kemarin hingga hari ini, Rabu (18/3/2020).

Baca juga: UPDATE: Pasien Covid-19 Meninggal Jadi 19 Orang, 12 di DKI

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, hingga saat ini ada 227 kasus Covid-19 di Indonesia.

"Ada tambahan 55 kasus, sehingga total sampai sekarang, dihitung sampai kami melaporkan pada Rabu, 18 Maret 2020 pukul 12.00 ada 227 kasus," ucap Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Rabu.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X