Kompas.com - 18/03/2020, 06:19 WIB
Ilustrasi hoaks ShutterstockIlustrasi hoaks

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Kepulauan Riau menangkap seorang penyebar berita bohong atau hoaks terkait virus corona dengan inisial H, Senin (16/3/2020) malam.

Pelaku yang sehari-hari bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) tersebut menyebarkan hoaks di media sosial terkait adanya nakhoda yang positif terjangkit virus corona.

"H telah membagikan link konten Youtube yang mengatakan bahwa Nakhoda CMA CGM Virginia terinfeksi virus corona, berita bohong tersebut dibagikan di group Facebook Info Loker Pelaut," kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldenhardt melalui keterangan tertulis, Selasa (17/3/2020).

Baca juga: Hoaks soal Corona Marak, Ganjar: Cepat Sekali Persebarannya Seperti Virus

Polisi lalu berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait kebenaran informasi tersebut.

Setelah dipastikan bahwa konten adalah hoaks, polisi melacak keberadaan H dan mengamankannya. Namun, Harry tak menyebutkan secara spesifik lokasi penangkapan tersangka H.

"Tim Subdit V Dittipidsiber Ditreskrimsus Polda Kepri bergerak untuk melacak keberadaan pelaku dan berhasil mengamankan inisial H dan untuk selanjutnya menjalani pemeriksaan di Polda Kepri," ucap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Polri Tetapkan 22 Tersangka Kasus Penyebaran Hoaks soal Virus Corona

Lebih lanjut, Harry pun mengimbau agar masyarakat tidak menyebarkan hoaks di tengah wabah virus corona.

"Kita berharap masyarakat bersatu padu untuk melawan virus corona, minimal jangan meyebarkan isu yang tidak benar," tuturnya.

Dari pelaku, polisi mengamankan sebuah telepon genggam, sim card, kartu identitas, dan akun Facebook milik H.

Tersangka dijerat Pasal 14 ayat 1 dan 2, Pasal 15 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan ancaman hukuman penjara maksimal dua tahun, tiga tahun, dan/atau 10 tahun.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.