Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Andalkan Sungai Kayan Pasok Listrik ke Ibu Kota Baru

Kompas.com - 04/09/2019, 19:48 WIB
Ihsanuddin,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut pemerintah telah melakukan kajian kebutuhan sarana dan prasarana ibu kota baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Sarana prasarana tersebut termasuk pasokan listrik yang akan mendukung aktivitas ibu kota baru.

"Saya pikir sudah dianalisis secara baik oleh Bappenas, daya dukung untuk proyek pembangunan ibu kota, pasti sudah dihitung dengan baik," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Baca juga: Smart Metropolis, 9 Imajinasi Jokowi soal Ibu Kota Baru

Menurut Moeldoko, pemerintah akan memanfaatkan sungai-sungai yang ada di Kalimantan untuk membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Salah satunya yang sudah berjalan adalah pembangunan PLTA Sungai Kayan di Kalimantan Utara. Setelah selesai pada 2024 nanti, PLTA itu turut mendukung pasokan listrik ke ibu kota baru.

"Nanti (PLTA) Sungai Kayan bisa menghasilkan (listrik) cukup besar yang tidak terlalu jauh dari Kalimantan Timur. Jadi menurut saya sudah terkalkulasi," tutur Moeldoko.

Pelaksanaan pembangunan PLTA Sungai Kayan dimulai sejak kontrak kerja sama pembangunan antara PT Kayan Hidro Energi dan Powerchina International Group diteken pada 31 Oktober 2018.

Baca juga: Sofyan Djalil Pastikan Tak Ada Tanah Adat di Lokasi Ibu Kota Baru

Lokasinya terletak di Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. PLTA tersebut dibangun dengan lima tahap.

Bendungan pertama menghasilkan daya 900 megawat, bendungan kedua 1.200 megawat, bendungan ketiga dan keempat 1.800 megawat, dan bendungan kelima 3.200 megawat. Total daya yang dihasilkan nantinya sejumlah 9.000 megawatt. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com