Bara Hasibuan: PAN Harus Melepas Ketergantungan pada Amien Rais

Kompas.com - 09/07/2019, 12:31 WIB
Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan di Gedung DPR, Selasa (9/7/2019). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DWakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan di Gedung DPR, Selasa (9/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Bara Hasibuan mengatakan, partainya tidak boleh bergantung secara berlebihan kepada sosok Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

Bara mengatakan, PAN harus lepas dari ketergantungan kepada Amien demi mendapat perolehan suara yang lebih besar di Pemilu-pemilu berikutnya.

"Kita kuncinya itu secara institusi harus kuat dan harus meninggalkan ketergantungan berlebihan kepada satu orang, itu adalah kunci kalau kita ingin lebih besar lagi mendapatkan persentase, lebih besar lagi pada Pemilu-pemilu berikutnya," kata Bara di Gedung DPR, Selasa (9/7/2019).

Baca juga: PAN Beri Sinyal Pindah Koalisi, Amien Rais Ingatkan agar Tak Rabun Ayam

Pernyataan itu disampaikan Bara saat ditanya apakah PAN dapat menentukan sikap politiknya tanpa pengaruh Amien Rais yang juga pendiri PAN.

Bara menuturkan, keputusan PAN untuk merapat ke Pemerintahan Jokowi atau berada di barisan oposisi harus diputuskan dalam rapat kerja nasional tanpa pengaruh dari Amien Rais.

"Tidak bisa kalau kita mengeluarkan keputusan itu selalu kita selalu khawatir apakah orang ini setuju atau tidak, suka atau tidak, itu tidak bisa," ujar Bara.

Baca juga: Wasekjen PAN: Nasihat Pak Amien Rais Perlu Didengar, Tapi...

Bara mengklaim, mayoritas dewan pimpinan wilayah PAN cenderung ingin merapat ke Pemerintahan Jokowi. Ia mengatakan, bergabungnya PAN ke Pemerintahan Jokowi merupakan salah satu cara mempersatukan masyarakat yang terbelah usai Pilpres 2019.

"Dalam semangat itu kita sepakat untuk bisa membantu Jokowi untuk membangun suatu pemerintahan yang inklusif dengan manifestasinya adalah PAN bergabung dengan pemerintahan," kata Bara.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

#amienraisofficial

A post shared by Mohammad Amien Rais (Official) (@amienraisofficial) on Jul 4, 2019 at 10:30pm PDT

Baca juga: Bagaimana Nasib Oposisi jika PAN dan Demokrat Beralih Dukung Pemerintah?

Sebelumnya, Amien Rais mengimbau para pengurus partai agar hati-hati dalam mengeluarkan pernyataan terkait pindahnya PAN ke koalisi pemerintah.

Pernyataan Amien disampaikan dalam video yang diunggah di akun resmi Instagram @amienraisofficial, Jum'at (5/7/2019).

"Para pemilih PAN dan simpatisan yang saya cintai dan saya hormati. Akhir-akhir ini banyak kontroversi apakah PAN sebaiknya bergabung dengan Pak Jokowi atau di luar. Nah, dengarkanlah nasihat saya, jangan kita rabun ayam," kata Amien Rais



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X