Ketua DPR Targetkan Proses Seleksi Calon Pimpinan KPK Selesai September

Kompas.com - 14/05/2019, 06:02 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) dipersilahkan oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo (kanan) setibanya di rumah dinas ketua DPR untuk berbuka puasa bersama dengan pimpinan lembaga tinggi negara di Jakarta, Senin (13/5/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho GumayPresiden Joko Widodo (kiri) dipersilahkan oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo (kanan) setibanya di rumah dinas ketua DPR untuk berbuka puasa bersama dengan pimpinan lembaga tinggi negara di Jakarta, Senin (13/5/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama.
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo menargetkan seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah selesai pada bulan September 2019. Sebab, masa jabatan DPR periode saat ini akan berakhir pada bulan Oktober.

“Sehingga sebelum berakhir jabatan Oktober nanti, September kita sudah bisa selesaikan calon pimpinan KPK yang baru,” kata Bambang usai buka puasa bersama di rumah dinasnya di Kompleks Widya Chandra, Senin (13/5/2019) malam.

Oleh karena itu, Bambang menyambut baik langkah Presiden Joko Widodo yang akan segera membentuk panitia seleksi calon pimpinan KPK pada pekan ini. Dengan langkah itu, maka nama-nama yang dihasilkan oleh Pansel dapat segera dikirim ke Senayan.

Baca juga: Presiden Jokowi Pastikan Pansel Pimpinan KPK Terbentuk Pekan Ini

 

DPR lewat komisi III nantinya akan kembali melakukan seleksi hingga akhirnya terpilih lima nama untuk menjabat pimpinan KPK 2019-2024.

"Kami sependapat bahwa memang sebaiknya segera menetapkan SK pembentukan pansel. Supaya Juni ini sudah bisa dilakukan pemilihan di tingkat pansel dan kemudian 10 nama diserahkan ke kami di DPR,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet ini.

Di tempat yang sama, Presiden Jokowi mengaku sudah mengantongi sejumah nama panitia seleksi calon pimpinan KPK dari berbagai latar belakang.

Ia menargetkan sudah ada keputusan yang diambil pada pekan ini. Adapun jajaran pimpinan KPK saat ini akan mengakhiri masa jabatannya pada 21 Desember 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X