Kompas.com - 14/11/2018, 15:16 WIB
Penulis Jessi Carina
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan alat peraga kampanye berbentuk poster bergambar calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo berbusana raja bertujuan untuk melemahkan PDI-P di Jawa Tengah. Sebab, Jawa Tengah merupakan salah satu basis pendukung PDI-P, termasuk Jokowi.

"Justru dengan elektabilitas PDI-Perjuangan di Jawa Tengah yang mencapai 46 persen, ada pihak-pihak yang mencoba untuk mendiskreditkan Pak Jokowi dan PDI-Perjuangan," ujar Hasto di Posko Cemara, Rabu (14/11/2018).

Dia menegaskan, poster itu bukan dipasang oleh pihak PDI-P. Hasto mengatakan, pemasangan poster dengan model seperti itu sama sekali bukan gaya PDI-P. PDI-P sudah menyiapkan APK khusus yang menggabungkan Jokowi dengan sosok Bung Karno dan Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: PDI-P Tegaskan APK Palsu Jokowi adalah Produk Black Campaign

"Kami bukan menampilkan sesuatu yang feodalistik di situ. Itulah yang kemudian kami pastikan. Maka kemarin kami berikan penjelasan resmi bahwa itu bukan dari PDI-Perjuangan," ujar Hasto.

Adapun, poster dan spanduk Jokowi berkostum mirip raja itu telah tersebar di 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Di setiap daerah, PDI-P menginstruksikan untuk mencopot poster atau spanduk tersebut. Seluruh material disimpan di masing-masing kantor DPC PDI-P.

Meski basis dukungan diserang, Hasto yakin ini tidak akan berpengaruh pada elektabilitas PDI-P dan Jokowi di Jawa Tengah.

"Justru ketika kami diserang, kami semakin solid. Ketika dalam Pilgub, Pak sudirman Said bilang akan merebut kandang banteng, justru kami semakin semangat menjadikan Jawa Tengah basis kekuatan Pak Jokowi dan PDI-P," kata Hasto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.