Ma'ruf Amin: Saya Enggak Pernah Kampanye di Pesantren

Kompas.com - 14/10/2018, 13:17 WIB
Cawapres nomor urut 02  KH Maruf Amin mendoakan Pengasuh Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak KH Atabik Ali Kompas.com/Rakhmat Nur HakimCawapres nomor urut 02 KH Maruf Amin mendoakan Pengasuh Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak KH Atabik Ali

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin menyatakan tak pernah kampanye di pesantren.

Hal itu disampaikannya menanggapi peringatan yang disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar para peserta pemilu tak melakukan kampanye di lembaga pendidikan, termasuk pondok pesantren.

Ma'ruf diketahui kerap berkunjung ke beberapa pondok pesantren selama masa kampanye.

"Ya enggak apa-apa kalau bukan kampanye. Kalau silaturahim kan enggak apa-apa. Maka saya kan enggak pernah kampanye di pesantren. Tapi saya selalu silaturahim," kata Ma'ruf saat ditemui di Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, Yogyakarta, Minggu (14/10/2018).

Baca juga: Bawaslu Diminta Kawal Kunjungan Capres-Cawapres ke Sekolah dan Pesantren

Ma'ruf dijadwalkan berkunjung ke Yogyakarta pada 14-15 Oktober 2018. Pada hari pertama, Ma'ruf menyambangi Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak.

Di sana, ia bertemu dengan pengasuh Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak KH Muhammad Najib Abdul Qodir serta sesepuh Pondok Pesantren Krapyak lainnya seperti KH Atabik Ali.

Dalam kunjungannya, Ma'ruf mendoakan KH Atabik Ali yang sedang sakit. Ia juga mendoakan semua santri di sana agar sukses.

Baca juga: Istana: Selama Ini, Pak Jokowi Memang Tidak Pernah Kampanye di Pesantren

Ma'ruf, mengatakan ia juga didoakan dan didukung oleh semua pihak di Pondok Pesantren Krapyak.

"Jadi saya bertemu dengan sahabat saya, dengan kolega saya. Dengan pengasuh pondok pesantren," kata Ma'ruf.

"Alhamdulillah mereka menerima saya dengan senang hari dengan gembira. Mendoakan saya dan mendukung saya. Saya kira itu tujuan daripada silaturahim saya di pondok pesantren terutama di Krapyak ini," lanjut dia.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X