Masuk Tahun Politik, Sidang Tahunan MPR Angkat Tema Bhinneka Tunggal Ika

Kompas.com - 16/08/2018, 08:06 WIB
Ketua DPR Bambang Soesatyo KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOKetua DPR Bambang Soesatyo
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sidang Tahunan MPR, DPR, DPD pada tahun ini mengangkat tema Bhinneka Tunggal Ika. Tema ini sengaja dipilih karena penyelenggaraan sidang tahun ini bertepatan dengan tahun politik menjelang Pemilihan Presiden 2019.

"Kita memasuki tahun politik jadi kita ingin unsur kebinekaan ini semua tetap teduh, sebagai bangsa kita tetap menjaga kesatuan persatuan," kata Sekjen DPR Indra Iskandar sebelum pelaksanaan sidang tahunan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Tema Bhinneka Tunggal Ika ini diterapkan salah satunya lewat pidato yang akan disampaikan Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Baca juga: Rangkaian Acara Pelaksanaan Sidang Tahunan MPR

"Di dalam pidato politik Ketua DPR nanti ia mengajak semua saling menjaga, menghargai setiap perbedaan. Makanya tema kali ini bhineka tunggal ika," kata dia.

Selain itu, tema kebinekaan ini juga tampak lewat dekorasi di Kompleks Parlemen. Salah satunya adalah tiang pilar yang diselimuti berbagai batik khas nusantara.

"Ya itu kreasi teman-teman karena tahun ini dengan tema kebinekaan dimunculkan ciri khas kebudayaan pada ornamen-ornamen, tapi secara keseluruhan tahun ini jauh lebih sederhana. Meski sederhana kita ingin tetap menonjolkan salah satu ciri khas budaya indonesia yaitu batik," kata dia.

Rangkaian acara sidang tahunan MPR-DPR-DPD akan dimulai pada pukul 09.00 WIB di gedung "kura-kura" kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Diawali dengan rangkaian seremonial pembuka, selanjutnya acara akan diisi dengan pembukaan sidang tahunan oleh Ketua MPR RI Zulkilfi Hasan dan pidato Presiden Joko Widodo tentang kinerja lembaga negara.

Baca juga: Sidang Tahunan MPR, Jokowi Akan Berpidato Tiga Kali

Selanjutnya, acara kedua yakni sidang bersama DPR-DPD akan dilaksanakan pukul 10.40 WIB.

Ketua DPR Bambang Soesatyo akan berpidato sekaligus membuka sidang. Presiden juga akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun RI.

Adapun acara terakhir merupakan sidang pidato Presiden dalam rangka penyampaian RAPBN 2018. Acara diawali pidato Ketua DPR RI Bambang Soesatyo untuk dan dilanjutkan pidato Presiden.

Puncaknya, adalah penyerahan RUU tentang APBN Tahun 2018 beserta nota keuangan dan dokumen pendukung kepada Ketua DPR RI.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X