Kompas.com - 20/06/2018, 16:36 WIB
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berziarah ke makam Presiden pertama RI Soekarno di Blitar, Jawa Timur, Rabu (20/6/2018). Kegiatan ziarah tersebut merupakan bagian dari peringatan haul Soekarno ke-48.  Hadir dalam ziarah tersebut sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOKetua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berziarah ke makam Presiden pertama RI Soekarno di Blitar, Jawa Timur, Rabu (20/6/2018). Kegiatan ziarah tersebut merupakan bagian dari peringatan haul Soekarno ke-48. Hadir dalam ziarah tersebut sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara
|
Editor Krisiandi

BLITAR, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berziarah ke makam Presiden pertama RI Soekarno di Blitar, Jawa Timur, Rabu (20/6/2018). Kegiatan ziarah tersebut merupakan bagian dari peringatan haul Soekarno ke-48.

Hadir dalam ziarah tersebut sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara, yakni Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala BIN Budi Gunawan, Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD dan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj.

Selain itu hadir pula Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan calon Wakil Gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno.

Selama sekitar 30 menit mereka berdoa bersama di pusara Sang Proklamator. Seusai doa bersama, Megawati sempat berfoto bersama di depan makam, kemudian bertolak ke Pendopo Kabupaten Blitar.

Baca juga: Megawati Terharu Haul Bung Karno Disiarkan Langsung Televisi

Menurut jadwal acara haul ke-48 Bung Karno akan dilanjutkan dengan Pengajian Kenduri 1001 Tumpeng, tausiyah Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, pembacaan Yasin dan Tahlil, serta makan bersama.

Pada tanggal 21 Juni, 48 tahun yang lalu, Bung Karno wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat atau RSPAD Jakarta.

Pada petang harinya, jenazah Bung Karno dimakamkan di Blitar. Saat itu, seluruh warga bangsa Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang. Bung Karno wafat persis 15 hari setelah ulang tahunnya yang ke-69.

Sosok Soekarno begitu dikenal di dalam dan di luar negeri karena kharisma dan visi revolusionernya. 

Kompas TV Calon petahana Presiden Joko Widodo menemui Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di Bogor, Jawa Barat.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.