Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidang First Travel, Jaksa Hadirkan Kacamata, Arloji, dan Tas Mewah

Kompas.com - 21/03/2018, 17:28 WIB
Dylan Aprialdo Rachman,
Bayu Galih

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Jaksa penuntut umum menghadirkan sejumlah koleksi kacamata, tas, dan arloji mewah milik Direktur Utama First Travel Andika Surachman dan Direktur First Travel Anniesa Hasibuan dalam sidang lanjutan dugaan penipuan dan penggelapan serta pencucian uang oleh biro perjalanan umrah First Travel.

Beberapa koleksi kacamata dan ikat pinggang itu diletakan di atas meja jaksa. Sementara sejumlah tas bermerk seperti Louis Vuitton dan Guess ada di dalam kardus di bawah meja jaksa.

Beberapa barang itu ditunjukkan kepada salah satu saksi, yakni mantan Corporate Secretary First Travel Regiana Azachira. Jaksa pun menanyakan kepada Regiana apakah pernah melihat beberapa barang yang dihadirkan jaksa.

Pada awalnya, jaksa menunjukkan sebuah kacamata dengan bingkai berwarna merah muda kepada Regiana.

"Saudara Saksi pernah melihat barang-barang ini dipakai terdakwa?" tanya jaksa di PN Depok, Rabu (21/3/2018).

"Saya pernah. Saya lihat, Pak, kacamata ini," ujar Regiana.

(Baca juga: Islandia hingga Jepang Jadi Tujuan Jalan-jalan Dua Bos First Travel)

Lalu jaksa pun sempat menunjukkan tas berwarna keemasan dan coklat kepada Regiana. Ia pun mengaku pernah melihat salah satu tas tersebut digunakan oleh Anniesa.

Terkait dengan arloji Andika, ia mengaku tidak pernah melihatnya secara langsung.

"Kalau jam tangan saya tidak pernah lihat," ujar Regiana.

Dalam kasus ini, Direktur Utama First Travel Andika Surachman dan istrinya, Anniesa Hasibuan, telah ditetapkan sebagai terdakwa.

Adik Anniesa, Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki Hasibuan selaku Direktur Keuangan sekaligus Komisaris First Travel, juga ditetapkan sebagai terdakwa.

Mereka dikenal memiliki gaya hidup yang mewah. Anniesa, dalam berbagai media sosial, mengabadikan momen berdua Andika saat jalan-jalan ke luar negeri. Bahkan, pakaian dan aksesoris yang dikenakan ditaksir nilainya hingga puluhan juta.

Kompas TV Syahrini merupakan selebritas yang digunakan First Travel untuk promosi paket umrah. Penyanyi Syahrini dijadwalkan memberikan kesaksian.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com