Wakapolri: Dari Kecil Saya Sudah Dengar 'Ndeso', Itu Guyonan

Kompas.com - 06/07/2017, 16:52 WIB
Salah satu bagian dari vlog Kaesang di Youtube episode Bapak Minta Proyek. YOUTUBESalah satu bagian dari vlog Kaesang di Youtube episode Bapak Minta Proyek.
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilaporkan ke polisi oleh Muhammad Hidayat (MH) lantaran dianggap melakukan ujaran kebencian.

Namun, Kepolisian RI menegaskan tidak akan menindaklanjuti laporan tersebut.

Alasannya, beberapa kata, termasuk kata “ndeso” yang dilontarkan Kaesang melalui vlog (video blog) berjudul #BapakMintaProyek dan diunggah ke akun YouTube miliknya tersebut tidak menunjuk pada subjek tertentu, melainkan suatu candaan.

(baca: Polisi Hentikan Kasus Kaesang karena Dianggap Mengada-ada)

Wakil Kepala Polri Komjen Syafruddin menilai, guyonan kata "ndeso" seperti yang diucapkan Kaesang itu sudah ada sejak lama dan kerap dilontarkan oleh masyarakat Indonesia.

"Omongan 'ndeso' itu kan ya, saya juga dari kecil sudah dengar omongan 'ndeso', itu guyonan saja," kata Syafruddin di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (6/7/2017).

Menurut Syafruddin, laporan yang dibuat MH "mengada-ada". Syafruddin menegaskan bahwa dalam menindaklanjuti laporan masyarakat, polisi harus rasional dan memenuhi unsur pidana.

(baca: Hobi Nge-Vlog Kaesang Berujung Laporan ke Polisi)

Oleh karena itu, laporan seperti MH tidak akan ditindaklanjut.

"Penyidik itu harus rasional, jadi tidak semua laporan masyarakat ditindaklanjuti. Kalau itu rasional ada unsur (pidana)nya itu bisa ditindaklanjuti, kalau tidak ada, ya tidak perlu (ditindaklanjuti)," kata Syafruddin.

Hidayat melaporkan Kaesang ke Polres Metro Bekasi Kota. Ia juga merupakan tersangka atas kasus ujaran kebencian yang saat ini ditangani Polda Metro Jaya.

Ia dinilai membuat konten yang menyudutkan salah satu petinggi Polri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X