Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Jelas Kapan Ruhut Dilantik sebagai Ketua Komisi III

Kompas.com - 01/10/2013, 10:24 WIB
Indra Akuntono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, belum jelas kapan rapat pleno penetapan Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat akan digelar. Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang akan memimpin rapat tersebut masih dalam suasana duka setelah ayahnya meninggal dunia pada akhir pekan lalu.

"Kemungkinan enggak bisa hari ini karena ada RDPU dan Pak Priyo belum memberikan kepastian karena masih berduka," kata Anggota Komisi III asal Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ahmad Yani, di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Secara pribadi, Yani masih berharap Fraksi Partai Demokrat mempertimbangkan kembali keputusannya yang menunjuk Ruhut menggantikan Gede Pasek Suardika sebagai Ketua Komisi III. Yani merupakan salah satu anggota Komisi III yang menolak Ruhut menjadi ketua komisi yang membidangi hukum tersebut.

"Saya menyarankan (Demokrat) untuk mempertimbangkan kembali," ujarnya.

Pada Selasa (24/9/2013) pekan lalu, Priyo memutuskan pelantikan Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III ditunda selama satu minggu. Keputusan ini diambil setelah Priyo memimpin lobi fraksi di Komisi III setelah rapat pleno tak dapat mencapai musyawarah mufakat.

Priyo menyampaikan, selanjutnya, ia memberi kesempatan pada Fraksi Demokrat untuk mengkaji ulang putusannya yang menunjuk Ruhut Sitompul menjadi Ketua Komisi III menggantikan Gede Pasek Suardika.

Dengan ditundanya pelantikan Ruhut, secara otomatis Pasek masih sah menjadi Ketua Komisi III. Penetapan Ruhut sebagai pengganti Pasek diprotes oleh sejumlah fraksi seperti Partai Hanura, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Gerindra, dan Partai Keadilan Sejahtera. Ruhut yang menggantikan Gede Pasek Suardika dianggap kurang cakap untuk memimpin komisi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com