Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamenlu Pahala Mansury Diminta Kembangkan Perdagangan dan Investasi Internasional

Kompas.com - 17/07/2023, 11:31 WIB
Ardito Ramadhan,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Pahala Mansury mengaku mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan perdagangan dan investasi internasional dalam tugas barunya sebagai wakil menteri.

Pahala mengatakan, peningkatan hubungan ekonomi antara Indonesia dan negara-negara lain merupakan tantangan di masa depan.

"Tadi sudah saya sampaikan, mengenai bagaimana pengembangan untuk perdagangan, investasi internasional karena memang kan tantangan ke depannya bagaimana meningkatkan hubungan perekonomian antara negara kita dengan negara-negara lainnya," kata Pahala di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Baca juga: Pahala Nugraha Mansury yang Dilantik Jadi Wamenlu Punya Harta Rp 250 Miliar

Pahala mengakui, dengan latar belakang pengalaman di dunia ekonomi, ia mesti mempelajari hal-hal baru saat menjabat sebagai wamenlu.

"Tapi bagaimana dari pengalaman kita yang sebelumnya ini bisa kita jadikan modal untuk di penugasan yang baru," kata mantan wakil menteri BUMN itu.

Lebih lanjut, Pahala mengaku bakal meminta arahan dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengenai tugas-tugas yang akan menjadi tanggung jawabnya kelak.

"Tapi ya karena pengalaman saya mungkin lebih banyak di bidang korporasi dan ekonomi, mungkin itu yang menjadi salah satu yang berpotensi menjadi pengembangan ke depannya," kata dia.

Untuk diketahui, Pahala dilantik sebagai wamenlu oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin pagi.

Baca juga: Profil Pahala Mansury, Eks Wamen BUMN, Kini Jadi Wakil Menteri Luar Negeri

Pahala mengisi posisi Wamenlu yang sudah cukup lama kosong setelah ditinggal oleh Mahendra Siregar yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Adapun posisi Pahala sebagai Wakil Menteri BUMN digantikan oleh Rosan Roeslani yang sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat.

Pahala mempunyai latar belakang sebagai seorang ekonom dan bankir. Pria kelahiran 8 April 1971 ini tercatat pernah menduduki kursi direktur utama sejumlah BUMN, yakni Garuda Indonesia dan Bank Tabungan Negara.

Baca juga: Pahala dan Keutamaan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha 2023

Selain Pahala, Jokowi melantik empat wakil menteri lainnya, yakni Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Rosan Roeslani sebagai Wakil Menteri BUMN, serta Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wakil Menteri Agama.

Jokowi juga melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika serta Djan Faridz dan Gandi Sulistyanto sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com