Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sikap Diam Jokowi soal Dukungan Capres Bikin Prabowo Untung, Ganjar Buntung?

Kompas.com - 07/07/2023, 13:30 WIB
Fitria Chusna Farisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam menilai, dukungan Presiden Joko Widodo terhadap kandidat calon presiden (capres) Pemilu 2024 masih abu-abu.

Di satu sisi, Jokowi seakan tunduk dengan keputusan PDI Perjuangan yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres).

Namun, belakangan, orang nomor satu di RI itu terlihat mesra dengan bakal capres dari Gerindra, Prabowo Subianto.

Menurut Umam, ketidakjelasan sikap Jokowi ini bisa merugikan PDI-P dan Ganjar, sebaliknya, menguntungkan Prabowo.

“Semakin lama Jokowi bersikap diam dan tidak tegas menunjukkan arah dukungannya, maka Prabowo semakin untung dan Ganjar semakin buntung,” kata Umam kepada Kompas.com, Kamis (6/7/2023).

Baca juga: Hubungan Demokrat-PDI-P Naik Level Usai Puan-AHY Bertemu

Umam menilai, sikap diam Jokowi tersebut seolah dimanfaatkan oleh kubu Prabowo, salah satunya lewat masifnya penyebaran baliho dan billboard yang menggambarkan kedekatan kedua elite politik.

Baliho-baliho itu terpampang di berbagai penjuru negeri, khususnya di wilayah basis pemilih loyal Jokowi sepertinya Solo Raya di Jawa Tengah dan wilayah Arek serta Mataraman di Jawa Timur.

Menurut Umam, upaya ini sengaja dilakukan sebagai bagian dari strategi politik Prabowo untuk mengambil alih basis pemilih loyal Jokowi.

“Kondisi itu tengah dimanfaatkan dengan baik oleh Prabowo utk mengakselerasi elektabilitasnya, dengan mengonsolidasikan basis pemilih loyal Prabowo dan ceruk pemilih loyal Jokowi pada Pemilu 2014 dan 2019, yang dulu berbenturan satu sama lain,” ujar Umam.

Bersamaan dengan itu, kubu Prabowo tampak melakukan pendekatan ke kelompok relawan Jokowi. Baru-baru ini, Relawan 08 Prabowo berkunjung ke Relawan Pro Jokowi (Projo).

Jika Jokowi sejalan dengan keputusan PDI-P soal capres, kata Umam, mantan Wali Kota Solo itu harusnya tak butuh waktu panjang untuk mengendalikan jaringan massanya supaya mendukung pencapresan Ganjar.

Namun, yang terjadi sebaliknya, ketimbang Ganjar, sejumlah jaringan relawan Jokowi, termasuk Projo, justru menyiratkan dukungan buat Prabowo.

Menurut Umam, kecenderungan dukungan Projo dan relawan lainnya terhadap Prabowo tak lepas dari restu Jokowi. Ia yakin, jaringan relawan Jokowi tak akan bergerak sendiri tanpa sepengetahuan kepala negara.

Baca juga: Ketar-ketir PDI-P di Tengah Desas-desus Dukungan Jokowi buat Prabowo…

“Arah kecenderungan dukungan Projo dan relawan Jokowi lainnya yang mendukung Prabowo merupakan ‘sinyal perlawanan terbuka’ Jokowi pada PDI-P dan Megawati,” katanya.

Melihat situasi ini, Umam menilai, Jokowi berpotensi “bermain dia kaki” pada pemilu mendatang.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com